Menkeu Sudah Cairkan Rp980 Miliar Bantuan untuk Gempa Lombok

Menkeu RI, Sri Mulyani
Menkeu RI, Sri Mulyani (DEVI HANDAYANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menunjungi korban gempa Lombok, Kamis kemarin (23/8). Sri Mulyani mendatangi pegungsi di Kekait, Gunungsari sebagai bentuk kepedulian atas bencana gempa bumi yang merenggut ratusan nyawa dan ratusan ribu warga Lombok yang rusak rumah, sehingga terpaksa harus mengungsi di sejumlah titik di seluruh wilayah Lombok dan Sumbawa.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menuturkan pemerintah pusat saat ini sudah mencairkan lebih dari Rp980 miliar, dalam bentuk bantuan diberikan melalui BNPB sebesar lebih dari Rp530 miliar, yang diberikan oleh kementerian lembaga seperti kementerian pendidikan, Kementrian PU kesehatan.

BACA JUGA: Google Berikan Peringatan Bahaya untuk Lombok

“Baik itu untuk membantu sekolah, guru bahkan instalasi air bersih Kementrian SDM totalnya itu Rp980 miliar yang cair saat ini,” kata Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, Kamis kemarin (23/8).

Sri Mulyani mengaku bahwa saat ini bantuan tersebut sudah diproses Badan Nasional Pengangulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp1,2 trilun termasuk didalam adalah pencairan bantuan pembangunan kembali rumah yang rusak, sudah di cairkan untuk 5 ribu rumah pertama. Untuk rumah warga korban gempa yang mengalami rusak berat mendapatkan Rp50 juta perumah. Selanjutnya, untuk tahap 5 ribu bantuan rumah kedua sedang di proses oleh BNPB.

“Kami akan membantu semaksimal mungkin proses dari BNPB mengindentifikasi jumlah rumah yang rusak,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada saat di sidang kabinet masih dilaporkan 23 ribu tetapi setelah adanya gempa susulan menyakini jumlahnya pasti meningkat. Nantinya rumah yang dengan kondisi rusak parah, sedang dan berat akan di berikan bantuan. Bagi rumah yang rusak berat diberikan Rp50juta, rusak sedang Rp25 juta, dan yang rusak ringan Rp10 juta.

BACA JUGA: DPRD Provinsi NTB Pertanyakan Peran Baznas Membantu Korban Gempa

Berapapun jumlah rumah warga yang rusak, pemerintah siap menyalurkan bantuan,” pungkasnya. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut