Menikmati Sore Hari di Pantai Kongok Meninting

Suguhkan Keindahan Sunset dan Ombak Besar

Pantai Kongok Meninting
EKSOTIS : Dekat dengan pusat kota, pantai Kongok bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk melepas penat di sore hari. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

Setelah lelah bekerja, sore hari ini asyiknya duduk santai menikmati suasana alam. Pantai Kongok, merupakan tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Lokasinya dekat dengan pusat Kota Mataram, suasana keindahan yang disuguhkan cukup eksotis.


AZWAR ZAMHURI – LOMBOK BARAT


LELAH bekerja seharian, sudah saatnya menikmati sisa waktu sebelum petang tiba dengan bersantai ria. Masyarakat Kota Mataram maupun Lombok Barat, tidak ada salahnya apabila mencoba mengunjungi pantai Kongok Desa Meninting Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat. Lokasinya memang dekat dengan Kota Mataram, karena berada tidak jauh dari jembatan Meninting yang menjadi pembatas dengan Lombok Barat.

Sayang sekali, akses jalan menuju pantai tersebut tidak didukung infrastuktur yang memadai. Untuk bisa sampai pantai tersebut, dari arah Kota Mataram harus belok kiri memasuk area sebuah villa. Tidak ada jalan lain, itu satu-satunya akses yang dekat dan hanya bisa menggunakan sepeda motor.

Pengunjung harus menyusuri jalan tanah yang sempit. Masuk melalui pinggir villa tersebut tanpa papan petunjuk. Setelah mengikuti jalan tanah tersebut, pengunjung akan langsung tiba di pinggir pantai. Jarak yang dekat. Suasana sore diterpa angin cukup kencang. Deru ombak terdengar begitu keras. Hamparan pasir bersih dan indah. Pengunjung akan mulai disuguhkan pemandangan sore yang begitu nikmat nan memesona.

Duduk santai di atas pasir, di depan mata ada matahari yang akan pulang ke peraduannya. Tentu saja sebuah pemandangan yang akan membuat siapapun takjub. Apalagi alunan deru ombak yang keras, semakin membuat suasana menjadi eksotis. Matahari secara perlahan akan tenggelam. Pengunjung bisa menikmati cahayanya dengan segelas kopi dan makanan ringan lainnya. Di sana, telah ada warung dan banyak juga makanan yang dijual masyarakat.

BACA JUGA :  Pantai Cemara Tawarkan Pesona Keindahan Menenangkan

Beberapa anak muda terlihat begitu asyik bermain bola. Ada pula yang memadu kasih, meski tidak jauh darinya ada bapak-bapak yang menggendong anak kecilnya. “Besar sekali ya ombaknya, bisa orang berselancar,” tutur Rendy Dobo, salah satu pengunjung asal Lombok Timur yang kuliah di Kota Mataram.

Ombak pantai tersebut memang cukup besar. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, jika basah oleh ombak bisa mundur beberapa meter ke belakang. Lokasi pantai dan pasir cukup luas untuk bermain apapun. Di sana terlihat juga ada sungai yang bisa dijadikan tempat memancing. Tentu saja akan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi penghobinya. “Bagus sekali ya mataharinya di sini, terlihat jelas detik-detik saat tenggelam. Kayak tenggelamnya ke pantai,” imbuh Rendy.

Pemuda yang masih kuliah itu, sudah beberapa kali datang ke pantai Kongok. Ia senang menghabiskan waktu sore hari, sembari menyerut kopi melepas penat beban kuliah dan persoalan asmara. Namun yang disayangkan, akses jalan belum juga dibuat pemerintah. Hal itulah yang membuat pantai tersebut terkesan tersembunyi. Terbukti, tidak semua orang mengetahui lokasinya. “Orang tahunya kebanyakan pantai Ampenan. Padahal jauh lebih bagus di sini. Sebenarnya setiap tahun ada saja media yang menulis tentang pantai Kongok, tapi yang ditulis bukan keindahannya. Malah penemuan mayat lah, ini lah. Coba keindahannya ini yang digambarkan. Dekat dengan kota, bisa sebagai tempat melepas lelah. Pasirnya luas, bersih, nyaman dan juga aman,” ucapnya.

Pengunjung lainnya, Hendra mengaku setiap minggu datang ke pantai tersebut. Pantai Kongok, menurutnya adalah tempat terindah yang terdekat di sore hari. “Kalau hari besar, baru ramai di sini. Tapi kalau hari biasa, ya gak. Tapi itu yang buat indah dan nyaman,” katanya. (**)