Menikmati Keindahan Gili Layar Sekotong

Lokasi Snorkling Favorit Wisatawan Mancanegara

Gili Layar Sekotong
INDAH : Pantai pasir putih Gili Layar yang merupakan tempat favorit snorkling para wisatawan.

Gili Layar adalah salah satu pulau kecil (gili) di Kecamatan Sekotong yang punya keindahan pantai yang memikat wisatawan.


ZULFAHMI – GIRI MENANG


Keindahan Gili Layar tidak diragukan lagi. Gili yang masuk Desa Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong ini menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan memanjakan setiap mata para  wisatawan yang datang.

Gili Layar memiliki luas sekitar 55 hektar. Gili ini menyimpan keindahan yang luar biasa, mulai dari garis pantai yang berpasir putih dengan air laut yang jernih dengan batu karangnya. Untuk bisa sampai ke tempat ini para pengunjung atau wisatawan bisa memakai perahu milik para nelayan melalui pantai Pelangan Sekotong, ataupun dari Pantau Batu Kijuk dengan biaya Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu untuk satu perahu tergantung ukuran besar dan jumlah penumpang yang bisa ditampung.Dengan harga akomodasi tersebut pengunjung tidak hanya diantar ke satu gili saja, tetapi bisa untuk tiga gili yang ada di kawasn Gili Gede Indah.

Waktu tempuh ke Gili Layar tidak terlalu lama, kurang lebih sekitar 30 menit dari lokasi penyeberangan. Namun selama dalam perjalanan, wisatawan dijamin tidak akan bosan dengan keindahan pantai dan pegunungan kawasan Sekotong.

Kemudian kondisi ombak membuat perjalanan jadi nyaman, tanpa harus takut dihempas  gelombang.

Setelah tiba pengunjung akan menikmati suasana yang tidak terlalu ramai, karena pengunjung yang datang ke lokasi ini juga belum terlalu banyak seperti di Gili Terawangan atau gili-gili yang lainnya.

Fasilitas umum pun juga tidak banyak ditemukan, yang ada hanya beberapa Gazebo ( Berugak)  yang menjadi tempat istirahat para pengunjung. Fasilitas berugak ini tidak gratis. Warga memberlakukan tarif “seikhlasnya” kepada para pengunjung. Jumlahnyapun tidak banyak, hanya 5 berugak.

Di kawasan ini sudah terbangun beberapa vila yang dimanfaatkan oleh wisatawan menginap. Gili Layar merupakan tempat terbaik untuk diving dan snorkeling. Sehingga kawasan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang langsung dari Bali datang ke tempat ini untuk diving dan snorkling.

Wartawan Koran ini mencoba berenang di sekitar pantai gili ini. Alat snorkling bisa disewa dengan harga Rp 20 ribu sampai 25 ribu. Rombongan kami dipandu langsung oleh nelayan pemilik perahu. Baru belasan meter dari bibir pantai ternyata cerita yang disampaikan nelayan tersebut memang benar. Hanya dari jarak belasan meter, dengan kedalaman tidak sampai 1 meter wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah laut Gili Layar, mulai dari ratusan spesies ikan laut, terumbu karang dan lainnya.”Sumpah ini pantainya indah sekali dan keindahan bawah lautnya luar biasa,” kata Faisal, wisatawan asal Jakarta yang datang berlibur ke Lombok ini.

Pengalaman yang paling meyenangkan lagi, penyelam atau wisatawan bisa memberikan makan ikan-ikan tersebut, sebelum menyelam nelayan  memang sudah mengingatkan rombongan kami untuk membawa roti untuk umpan ikan. Benar saja saat menyelam sambil menaburkan roti, ribuan ikan berkumpul untuk makan roti tersebut. ” Ikannya bagus bagus, bahkan bisa kita pegang sambil makan di atas tangan kita,” tutur Fifit, rombongan wisatawan lainnya.(*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut