Menginap di Hotel Lombok Garden Raih Kesempatan Umrah

Hotel Lombok Garden
Yacob Nainggolan Putra

MATARAM – Untuk menarik minat wisatawan domestik untuk menginap di hotel, salah satu hotel bintang di Kota Mataram, yakni Hotel Lombok Garden menghadirkan program menginap di Lombok Garden berkesempatan ke tanah Suci.  

“Baru-baru ini, kamia sudah meluncurkan program bermalam di Lombok Garden Hotel berkesempatan mendapatkan kupon berangkat ke tanah suci,” kata General Manager Hotel Lombok Garden Yacob Nainggolan di Mataram, Rabu (22/1).

Sejak dilaunching pada 15 Januari 2020 lalu, animo masyarakat bermalam di Hotel Lombok Garden cukup banyak. Setidaknya tidak kurang dari 70 an orang tamu yang sudah mengikuti program tersebut. Program tersebut berlaku bagi semua tamu yang bermalam dengan melakukan cek in langsung ke resepsionis, tanpa melalui online.

Program ini juga berlaku untuk semua type kamar. Karena pada saat cek in, pihak hotel langsung menawarkan kepada tamu apakah berkenan mengikuti program dengan memperlihatkan harga kamar dan sesuai harga kamar akan mendapatkan satu kupon. Tetapi jika mengambil kamar super deluxe dengan harga Rp 1.100.000 per malam, maka tamu bisa mendapatkan dua kupon.

“Rencana kami kita akan undi tahun depan, karena program ini satu tahun,” ujarnya.

Nainggolan menjelaskan, uang untuk memberangkatkan tamu yang beruntung mendapatkan hadiah umrah ke tanah suci secara gratis dari dari program menginap di Lombok Garden Hotel, disisihkan dari uang cek in tamu yang bermalam. Selain itu, program ini tidak terlepas dari breeding NTB sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, khusunya pulau Lombok.

“Ya tidak bisa terlepas dari itu, kebetulan pada saat pertama kali datang, kami konsultasi dulu sama rekan-rekan, karena NTB ini kan religious dan disetujui oleh manajemen,” katanya.

Nainggolan sebelum menjadi GM di Lombok Garden, pernah menangani hotel bintang di pelbagai daerah sejak 1991. Diantaranya, di Laundry, houseman, Roomboy, hotel di Malang, Bellboy & Doorman, Hilton hotel 1992, Chief Concierge- Front Office, Radisson Jakarta 1995, Chief Concierge- Front Office, Rosewood Jakarta 1997, Concierge- Front Office, Royal Mirage Dubai 1999, Concierge- Front Office, The Empire Brunei 2001. Selanjutnya pernah juga memiliki pengalaman sebagai Duty Manager- Front Office, Grand Angkasa Medan 2002, Asisstant Manager FO, Conrad Bali 2004, Assistant Manager FO, Sheraton Bandung 2005, Assistant Front Office Manager, Mercure Convention Center Jakarta 2006, Front Office Manager, Novotel Surabaya 2009, Front Office Manager, Grand Aston Medan 2011, Executive Assistant Manager, Aston Cirebon, Jawa Barat 2013, General Manager, Oasis Hotel Jakarta 2015, General Manager Neo+ by Aston, Balikpapan, Kaltim 2015, General Manager Swissbelhotel Merauke, Papua 2017 dan baru dua bulan diberikan tanggangjawab memegang Lombok Garden Hotel sebagai General Manager.

“Saya sangat senang bisa bertugas di Lombok, sejak akhir 2019 lalu, ya kurang lebih baru dua bulan,” ungkapnya.

Berbekal pengalaman tersebut, Nainggolan akan melakukan pelbagai terobosan, tidak hanya dengan program tersebut, tetapi masih banyak program lainnya, terutama berkaitan dengan layanan yang maksimal. Yakni mencoba merubah ‘mindset tentang pelayanan pada semua tim. Kemudian, membuat tamu lebih berkenan tinggal dengan ‘personal service’ – lebih ramah, menyapa tamu, ajak ngobrol tamu, selanjutnya, lebih antusias dalam pelayanan pada tamu- tamu, karena ini akan menyebabkan tamu merasa di rumah sendiri. Kemudian kebersihan kamar, areal dalam hotel serta merawat keasrian taman lebih.

“Kami mencoba melakukan penataan untuk lebih terlihat ‘beda- rame’ sesuai standar hotel. Menghadirkan menu lebih variatif untuk makan pagi serta promo promo makanan/ minuman lebih aktif dan promo promo makanan- minuman- kamar yg sifatnya jangka pendek atau panjang,” imbuhnya. (sal)