Mengenal Suli Deni Akhriani, Peraih Perunggu di Ajang IMCS Singapura

Cinta Matematika, Peraih Nilai UN Tertinggi

Mengenal Suli Deni Akhriani, Peraih Perunggu di Ajang IMCS Singapura
JUARA : Suli Deni Akhriani saat menerima penghargaan dari Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh beberapa waktu lalu. (Ist for Radar Lombok)

Suli Deni Akhriani adalah salah satu siswa SMPN 2 Mataram yang berprestasi. Ia adalah peraih perunggu dalam ajang International Mathematics Contest di Singapura (IMCS).  Ia bersaing ketat dengan sejumlah pelajar Asia.


SUDIRMAN – MATARAM


Prestasi gemilang ditorehkan Akhriani yang kini duduk di bangku kelas VII SMPN 2 Mataram. Ia mengikuti lomba pada bulan April lalu saat masih duduk di kelas akhir SDN 2 Cakranegara mewakili NTB di tingkat nasional.

Setelah bersaing ketat, dirinya terpilih menjadi juara.  Akhriani berhasil menyisihkan ratusan siswi perwakilan masing-masing provinsi. Baru kemudian ia mewakili Indonesia bersama 129 delegasi pelajar dari berbagai sekolah di Indonesia dari tingkat SD hingga SMA.

Siswi 16 Agustus 2004 Kelahiran Sayang-Sayang Kecamatan Cakranegara ini banyak menyabet prestasi sejak duduk di bangku sekolah dasar. Ia juga tercatat sebagai siswi peraih UN tertinggi tingkat SD/MI se-NTB pada bulan April lalu. Putri keempat H. Sudenomo (saat ini menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram) ini menuturkan, untuk mendapatkan perunggu sangatlah sulit. “ Piala perunggu sulit juga di ajang internasional. Saya berusaha mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, termasuk juga mengharumkan nama NTB,” katanya kepada Radar Lombok saat ditemui di sekolahnya kemarin.

Menurutnya, IMCS tahun ini cukup menantang dan perlu berpikir cepat untuk bisa menyelesaikannya karena waktunya sangat terbatas. “Untuk persiapan lomba IMCS, selain mengikuti karantina, saya banyak melakukan latihan soal secara mandiri dengan mencari soal-soal yang mirip dengan IMCS yang ada di internet sebagai bahan latihan,” ungkapnya.