Mengenal Sirkuit Samota, Tuan Rumah MXGP 2022

ILUSTRASI

MATARAM–Jika Pulau Lombok memiliki salah satu Sirkuit terindah di dunia yakni Sirkuit Mandalika, Pulau Sumbawa pun memiliki Sirkuit Samota yang tak kalah indahnya.

Layaknya latar film Interstellar yang dikelilingi ladang jagung, Sirkuit Samota dibuat di area seluas 20 hektare dari sekitar 100 hektare lahan jagung di Labuhan Badas, Sumbawa Besar.

“Pengerjaan Sirkuit terus dilakukan sesuai Draft Siteplan track II MXGP Samota,” ujar Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy. S.Sos, di Mataram, Jumat (29/4).

Bang Najam menjelaskan, konstruksi Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Samota, Sumbawa NTB sendiri ditargetkan rampung awal Juni mendatang.

Panjang sirkuit 1.800 meter dengan luas lahan 50 hektar. Sebelumnya, lokasi tersebut adalah lahan jagung, namun sudah selesai dibersihkan.

BACA JUGA :  Lobi di Abu Dhabi, Pihak Formula 1 Antusias dengan Sirkuit Mandalika

Kadis juga memaparkan Draft Siteplan track II MXGP Samota. Dikarenakan kondisi kontur di area awal paddock, maka big tent paddock di sarankan untuk di pindahkan ke sisi samping MXGP Office posisi bike wash juga dipindahkan ke area belakang big tent yang baru.

“Sedangkan untuk portable toilet , shower, tenda refreshment 10x10m dan vip tent serta storage tetap berada di area paddock namun posisinya menyesuaikan layout,” jelasnya.

Sementara itu lanjut Bang Najam, untuk tenda press/media di jadikan satu dengan area MXGP Office. Begitu juga dengan Buffet tent untuk Infront dan panitia dipindahkan ke situ juga.

BACA JUGA :  Warga NTB Apresiasi Peringatan Hari Pers Nasional di Car Free Day

“Jadi item yang berada di area MXGP Office adalah Office (existing building), tenda organizer 3 unit, tenda medic 5unit, tenda buffet 4 unit, tenda press 10x20m berikut tenda office pres 5×5, dan parkir Ambulance,” jelasnya.

“Samota Cagar Biosfer Dunia, MXGP Samota kini didepan mata, Ayo gembira sambut suka cita. Untuk bangun ekonomi rakyat sejahtera,” ajak bang Najam.

Seri MXGP Indonesia 2022 yang digelar di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada tanggal 24-26 Juni 2022. Seminggu kemudian, ada MXGP Jakarta 2022 yang rencananya berlangsung pada tanggal 1-3 Juli 2022. (Diskominfotik/RL)