Mengenal I Nyoman Elly Setiawaty, Penyelamat Anak Putus Sekolah

Siswa Binaan Dapat Pelatihan Kewirausahaan

Mengenal I Nyoman Elly Setiawaty, Penyelamat Anak Putus Sekolah
PEMBINAAN : Sejumlah siswa PKBM Pandawa saat diberikan pembinaan pembuatan kue kering kemarin. (Sudir/Radar Lombok)

Sosok I Nyoman Elly Setiawati patut diberikan apresiasi. Ia salah satu perempuan inspiratif yang peduli akan pendidikan anak-anak di sekitarnya. Siswa yang putus sekolah ditampung di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pandawa yang dipimpinnya berlokasi di Lingkungan Pagesangan.  


SUDIRMAN-MATARAM


I Nyoman Elly Setiawaty dikenal sebagai perempuan santun, pintar, peduli pada lingkungan. Kemarin sejumlah remaja putus sekolah berkumpul di rumahnya di Jalan Merdeka Raya Lingkungan pagesangan Kelurahan Pagesangan. Di rumahnya ia menyiapkan dua ruangan khusus layaknya ruang sekolah. Ada juga fasilitas perpustakaan di teras rumah.

PKBM Pandawa didirikannya 2009 lalu. Sejak berdiri, PKBM Pandawa sudah berhasil memberikan pembinaan khusus bagi kalangan siswa yang putus sekolah. Mereka rata-rata dari keluarga miskin serta berkebutuhan khusus. Tidak seperti sekolah formal yang menggunakan seragam khusus, di sini siswa datang menggunakan pakaian bebas. Mereka datang belajar sore hari setiap tiga kali seminggu. Hari yang ditentukan untuk pembinaan yakni Senin, Kamis dan Sabtu.

Elly Setiawaty menyambut mereka dengan riang. Ia telah menganggap mereka sebagai bagian dari keluarganya. Sejak 2009 ia sudah membina ratusan siswa. Selain belajar, mereka juga diberikan pelatihan khusus kewirausahaan. “Rata-rata mereka siswa putus sekolah karena keterbatasan biaya. Ini yang saya bina khusus. Mereka memiliki potensi yang sangat bagus dan generasi masa depan anak bangsa,” katanya kepada Radar Lombok kemarin.