Mengenal Kylie Julia Ahmad, Finalis Puteri Muslimah Indonesia Award 2022 Asal NTB

Kylie Julia Ahmad (SUDIRMAN/RADAR LOMBOK)

Talenta anak-anak muda NTB terus berkembang di kancah nasional. Salah satunya Kylie Julia Ahmad, warga jalan Gili Gede Lingkungan Suradadi Barat Kelurahan Karang Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Gadis cantik sukses menjadi Finalis Puteri Muslimah Indonesia Award 2022 belum lama ini.

PRESTASI yang diraih Kylie Julia Ahmad bukan tanpa tanpa alasan dan kerja keras. Ia harus melewati berbagai persyaratan dan seleksi untuk naik ke tangga finalis Puteri Muslimah Indonesia Award 2022. Namun semua itu berhasil dilewatinya sehingga masuk menjadi salah finalis dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini.

Kylie, begitulah Kylie Julia Ahmad dipanggil. Awal mulanya mengikuti ajang ini saat ia melihat informasi di media sosial, bahwa ada pendaftaran untuk Pemilihan Puteri Muslimah Indonesia Awards 2022. Dia lantas mendaftar diri menyusul tahapan persyaratan dan seleksi melalui online. Mulai dari pengiriman foto, pengisian biodata, wawancara hingga akhirnya terpilih mewakili NTB. ‘’Saya akan mengikuti karantina dan acara grand final tgl 1-3 Juli 2022 di Jakarta,’’ tutur Kylie kepada Radar Lombok, kemarin (16/6).

Untuk  persiapannya sekarang, Kylie sedang latihan untuk talent show. Dia juga belajar mengenai lebih lanjut tentang wisata religi karena diharuskan untuk punya pengetahuan yang luas. Banyak persiapan untuk ilmu pengetahuan tetang wisata religi khususnya di NTB. Materi itu akan dipaparkan kelak di hapadan para juri dan akan disaksikan masyarakat Indonesia.

Kylie sendiri berharap bisa melewati semua seleksi nanti sehingga berhasil keluar sebagai Puteri Muslimah Indonesia Award 2022. Harap Kylie ini bukan muluk-muluk mengingat latar belakangnya sebagai pebisnis selama ini. Ia dikenal sebagai perempuan karir muda di Kota Mataram. Pendidikan starata satunya sendiri merupakan seorang lulusan International Business Management di Universitas Ciputra Surabaya.

BACA JUGA :  Ketika Warga Karang Genteng Pertahankan Prosesi Adat Merariq

Lebih dari itu, ia juga lebih dari dua tahun di industri makanan dan minuman. Ia tercatat sebagai wirausahawan ahli untuk merencanakan dan mengelola bisnis untuk mencapai target dan pertumbuhan perusahaan secara lokal dan internasional. Ia juga memiliki spesialisasi dalam menganalisa rencana bisnis agar sesuai dengan kondisi ekonomi makro dan mikro serta berkomunikasi dengan klien di luar negeri dengan menggunakan bahasa Inggris.

Tak sampi di situ ia juga berpengalaman lebih dari tiga tahun dalam kompetisi debat bahasa Inggris, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa catatannya yakni mengikuti kompetisi bisnis seperti kompetisi inovasi dan investasi penelitian. Di samping itu, ia juga sempat mengikuti konferensi internasional menjadi delegasi Indonesia untuk Model United Nations di Kuala Lumpur, Malaysia. ‘’Saya sempat mengikuti beberapa kompetisi baik di dalam maupun luar negeri,’’ katanya.

Dari segi prestasi akademik sendiri, sosok Kylie juga tampaknya tidak diragukan lagi. Kylie sendiri lulus strata satu dengan IPK  3,91 di Universitas Ciiputra Surabaya tahun 2021 silam. Ia kemudian mengikuti tes prediksi International English Language Testing System (IELTS), sebuah tes bahasa Inggris terstandarisasi. Dari tes itu, dia kemudian sukses merengkuh level C2 Proficient, yakni tingkat keenam dan tertinggi bahasa Inggris dalam Common European Framework of Reference (CEFR), suatu penentuan berbagai tingkat kecakapan bahasa yang disusun oleh Dewan Eropa.

Sederet prestasi akademik juga dipeluk gadis ayu ini, seperti  Top 10 Novice English Debate Competition Asian English Olympics 2018, Delegasi Indonesia untuk Asia Youth International Model United Nations (Komite UN Women) mewakili Papua Nugini,  Semifinalis Kompetisi Investasi Riset Nasional (KBMK) 2019 oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI, Delegasi Universitas Ciputra untuk Indonesia-USA 70 Youth Ambassador, Best in Class K Guild Trading Entrepreneurship 5 2019, Nominasi Kompetisi Inovasi SIAL Interfood 2019.

BACA JUGA :  Menengok bisnis Sablon Syahrial Hamdani Aulia Yang Menjanjikan

Selain itu, Delegasi Indonesia untuk Asia Youth International Model United Nations (Komite UN Women, mewakili Papua Nugini), Lulusan Manajemen Bisnis Internasional dengan predikat Summa Cumlaude. Sejak bangku SMA Negeri 1 Mataram jurusan IPA, pernah mendapatkan penghargaan dan kehormatan sebagai perwakilan Provinsi NTB untuk Kejuaraan National School Debating Championship, Semifinalis Lomba Debat SMA Universitas Mataram, Pembicara Terbaik ke-4 Kompetisi Debat Bahasa Inggris Universitas Mataram, Pembicara Terbaik ke-5 Kompetisi Debat Bahasa Inggris SMA 1 Mataram, Pembicara Terbaik ke-2 Seleksi Provinsi NSDC.

Selain itu, dia memiliki Pengalaman Profesional pada Oktober 2021, sekarang Pemilik Bisnis l Patio Jungle View (Restoran),  Menetapkan visi dan misi perusahaan, Membuat strategi bisnis mulai dari keuangan, operasional, pemasaran dan sumber daya manusia Menangani klien bisnis, Memimpin tim dari setiap departemen. Saat bulan Maret 2021, Chief Executive Officer l Samtri (UKM Makanan dan Minuman).  Menetapkan perencanaan manajemen strategis untuk perusahaan dan dikenal aktif berkomunikasi dengan klien dan investor.

Dia juga tidak meninggalkan kampusnya, Agustus 2019 sampai  Desember menjadi  Asisten Dosen l Universitas Ciputra Surabaya, menjadi asisten dosen mata kuliah Cost Management semester tiga di bawah bimbingan Helena Sidharta S.E., M.M., PhD. Materi yang diajarkan terdiri dari Pengantar Akuntansi Manajemen. ‘’Menebar ilmu terus menjadi penyemangatnya,’’ ucapnya.

Pernah juga menjadi guru privat mata kuliah manajemen keuangan semester dua. Materi terdiri dari analisis, laporan keuangan, rasio keuangan, NPV dan IRR. Segudang organisasi  juga telah dijajaki. (SUDIRMAN-MATARAM)