Menelusuri Potensi Wisata Sungai Jangkuk Kota Mataram

Wisata Alam Masih ‘Perawan’ yang Belum Tergarap Maksimal

Wisata Sungai Jangkuk
ARUNG JERAM: Salah satu potensi tersembunyi di Sungai Jangkuk yang cocok untuk dikembangkan adalah olahraga wisata arung jeram. Masyarakat kini mulai banyak melirik dan menggemari olahraga ini. (IST FOR RADAR LOMBOK)

Sungai Jangkuk merupakan salah satu sungai di Kota Mataram yang memiliki potensi cukup bagus untuk dikembangkan sebagai lokasi sport tourism (olahraga wisata). Salah satuya adalah arung jeram, salah satu jenis olah raga wisata yang potensial untuk dikembangkan.


*SUDIRMAN – MATARAM*


SUNGAI Jangkuk yang melintas ditengah kota Mataram, salah satu destinasi yang belum tergarap maksimal. Pemerintah Kota Mataram bahkan sudah beberapa kali mencoba olahraga wisata arung jeram. Apalagi arus sungainya yang cukup deras sepajang sungai dari Sayang-Sayang, sampai Monjok juga sangat mendukung. Termasuk suasana alamnya juga cukup menarik, dan masih alami.

BACA JUGA: Menyaksikan Ritual Nyelamaq Laut Warga Desa Tanjung Luar

Olahrga arung jeram ini memang membutuhkan ketahanan fisik dan mental. Untuk itu, peserta dibutuhkan persiapan yang matang sebelum mulai melewati jeram-jeram yang dikelilingi bebatuan cadas, dengan derasnya air sungai.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Mataram, HL Abdul Hamid mengatakan, potensi wisata alam memang  menjadi perhatian tahun 2018 ini. Salah satunya sungai Jangkuk, yang akan melakukan penataan. “Beberapa kali olahraga ekstrim ini dilakukan di sepanjang sungai jangkuk. Kita akan coba, bahkan kelurahan sepanjang sungai Jangkuk juga sudah mulai melakukan penataan,” katanya kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (4/7).