Menelisik Kebesaran Raja-Raja Lombok di Makam Selaparang

MAKAM SELAPARANG
MAKAM SELAPARANG: Kompleks pemakaman tua di Desa Selaparang yang masih lestari hingga kini, dan diduga sebagai makam Raja-Raja Kerajaan Selaparang, atau para tokoh agama penyebar agama Islam di Lombok. (IST FOR RADAR LOMBOK)

RADAR LOMBOK – Makam Selaparang terletak di Kampung Presak, Desa Selaparang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), atau sekitar 55 kilometer dari Kota Mataram. Jalannya yang mulus, membuat lokasi wisata sejarah di Lombok Timur ini dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor jenis apapun.

Menurut buku kumpulan destinasi wisata yang di susun Dinas Pariwisata NTB, Makam Selaparang termasuk monumen peninggalan sejarah dan purbakala yang sudah tidak digunakan sebagaimana fungsinya sebagai tempat pemakaman, sehingga diklasifikasikan sebagai dead monument.

Kompleks Makam Selaparang, atau masyarakat setempat menyebut Makam Keramat Raja Selaparang, memiliki fungsi sosial yang penting sebagai tempat berziarah masyarakat. Hal ini bisa di lihat pada waktu-waktu tertentu, terutama pada musim keberangkatan jemaah Haji ke Mekkah, banyak masyarakat yang ziarah ke Makam Selaparang. Tradisi ini masih tetap berlanjut hingga sekarang.

Dari tinjauan sejarah, jaman dahulu Selaparang merupakan sebuah kerajaan besar di Lombok yang banyak di kenal, baik di pulau Lombok maupun di luar daerah. Nama Selaparang hingga sekarang juga masih tetap lestari menjadi nama Desa Selaparang, tempat Makam Selaparang berada.

1
2
3
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid