Menegangkan, Puluhan WNI di Ukraina Berhasil Dievakuasi ke Moldova

Evakuask WNI dari Kyiev, Ukraina. (IST/KEDUTAAN INDONESIA)

UKRAINA–Setelah 5 hari 4 malam berlindung di gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv, 59 WNI dan 1 WN Ukraina suami WNI, berhasil dievakuasi dari Kota Kyiv ke Moldova.

Selama berlindung di KBRI, para WNI dipenuhi kebutuhan dasar dan pengurusan dokumen perjalanannya. Para staf KBRI juga setiap hari berdialog dengan mereka dan memastikan mereka dalam keadaan baik.

“KBRI sejak awal berupaya mengevakuasi mereka keluar Kota Kyiv, namun kondisi jalur yang dilalui tidak aman, bahkan pada beberapa titik strategis menjadi medan pertempuran dengan kerusakan infrastruktur jalan yang menghambat pergerakan,” tulis KBRI Kyiv dalam akun resminya, Selasa (1/3/2022)

Dijelaskan, prioritas utama KBRI adalah perlindungan dan keselamatan WNI. Setelah koordinasi dengan Kemlu Pusat, diputuskan untuk mengevakuasi WNI segera setelah selesainya jam malam di Kota Kyiv, 28 Februari 2022. Hal ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan keamanan fisik dan logistik.

BACA JUGA :  TGB Bimbing Bule Rusia Masuk Islam

Perjalanan evakuasi bertepatan juga waktunya dengan dimulainya negosiasi antara Ukraina dan Rusia di Gomel, Belarus sehingga ada waktu jeda untuk kemanusiaan.

“Dipimpin oleh Dubes RI Kyiv, Ghafur Dharmaputra dengan dukungan seluruh Tim KBRI Kyiv dan Atase Pertahanan RI Warsawa yang terakreditasi di Kyiv, Adi Triady, evakuasi dilakukan dengan konvoi 7 mobil jalan darat menuju perbatasan Ukraina dan Moldova. Jarak yang ditempuh dari Kyiv ke perbatasan Moldova sekitar 330 KM, melewati 10 checkpoints,” tulis KBRI.

BACA JUGA :  Indonesia Terjunkan Kopasgat TNI AU Bantu Evakuasi Puluhan WNI di Ukraina

Selanjutnya, di perbatasan Ukraina-Moldova, para WNI dan Tim Evakuasi KBRI Kyiv bertemu dengan tim evakuasi dari KBRI Bucharest untuk kemudian serah terima untuk membawa WNI ke Bucharest, Rumania.

Dengan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa dan atas doa seluruh Masyarakat Indonesia, ke-59 WNI tiba dalam keadaan sehat, selamat tanpa kurang suatu apapun.

“Kesuksesan evakuasi tersebut terletak pada koordinasi intens antara KBRI Kyiv dengan Pemerintah Pusat, KBRI di negara tetangga (Warsawa, Bucharest, Slovakia, Moskow), pemerintah pusat Ukraina dan negara tetangga, serta terlebih atas ketenangan, kerja sama dan kepercayaan seluruh WNI terhadap Kemlu RI,” pungkas KBRI Kyiv. (KBRI KYIV/RL)