Melihat Kreativitas Roket Mini Mainan Siswa MAN Islam Cendikia Lombok Timur

Bahannya Barang Bekas, Terbang hingga Ratusan Meter

MAN Islam Cendikia
LUNCURKAN: Sejumlah siswa MAN IC ketika hendak meluncurkan roket mini mainan hasil kreasi mereka. (JANWARI IRWAN/RADAR LOMBOK)

Kreativitas siswa Madrasah Aliyah Negeri Islam Cendikia (MAN IC) Kabupaten Lombok Timur, ini patut diacungi jempol. Mereka mampu membuat roket mini mainan dari barang bekas.


JANWARI IRWAN-LOMBOK TIMUR


PULUHAN siswa laki-laki itu tampak sibuk dengan mainan barunya. Itu semua hasil kreativitas mereka. Sebuah mainan berupa roket mini yang terbuat dari bahan bekas.

Mereka terlihat bekerja sama. Ada yang memompa memberikan angin. Ada yang memasang roket yang terbuat dari botol air mineral dan rangkaian lainnya. Ada juga yang terliahat menginjak pipa rakitan yang menjadi tiang roket sebelum diluncurkan. Semua itu adalah satu kesatuan pembentukan roket mini mainan itu.

Iya, itulah hasil kreativitas siswa MAN IC Kabupaten Lombok Timur. Beberapa bulan belakangan ini mereke sibuk membuat dan memikirkan benda mainan sederhana itu. Bagaimana tidak, benda itu bisa menarikan perhatian semua orang.

Benda itu berhasil terbang hingga 30 sampai 150 meter. Tergantung angin dan air di dalamnya. Semua ini dijelaskan Fathrurrahman, guru fisika MAN IC. Cerita Fathur, pembuatan roket itu berawal dari mata pelajaran yang diajarkannya. Yaitu, jika air dan udara dikaitkan satu sama lain, maka akan menghasilkan angin. Atau, sesuatu bisa dibawa terbang.