Mei 2023, Tol Laut Rute Pelabuhan Calabai – Tanjung Perak Dibuka

Baiq Nelly Yuniarti (RATNA / RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniarti mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat penambahan trayek tol laut pada tahun 2023. Keberadan trayek tol laut T13 Pelabuhan Calabai Kabupaten Dompu nantinya bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah.

“Insyaallah bulan Mei 2023, rute baru tol laut melewati NTB akan bertambah, yaitu masuk Pelabuhan Calabai Dompu dengan rute Tanjung Perak-Sabu-Rote-Wini-Atapupu-Calabai-Tanjung Perak. Dengan adanya Tol laut ini, diharapkan akan bisa efisiensi biaya distribusi komoditi, sehingga meminimalisir disparitas harga antar pulau,” kata Baiq Nelly Yuniari, kemarin.

Baca Juga :  Optimis Ekonomi NTB 2022 Bisa Tumbuh 5,8 Persen

Adapun kapal yang akan melewati rute T13 adalah kapal Kendhaga Nusantara 11 dengan operator PT Pelni. Namun jauh sebelum ada rute T13 Pelabuhan Calabai, sudah ada rute Tanjung Perak- Badas- Bima- Tanjung Perak. Oleh karena itu, adanya trayek tol laut di Pelabuhan Calabai Dompu diharapkan mempermudah distribusi barang oleh pelaku usaha dan masyarakat, sekaligus membuka peluang lapangan pekerjaan dan usaha-usaha UKM di daerah tersebut.

Sementara itu, dari hasil monev Pemerintah Pusat untuk pemanfaatan Tol laut di Sumbawa dan Bima bagus. Artinya masyarakat sudah mulai menggunakan fasilitas tersebut dengan baik dan dapat memfasilitasi arus barang pokok dan penting untuk didistribusikan ke daerah lainnya.

Baca Juga :  Daihatsu Xenia, Mobil MPV Idaman Keluarga di Indonesia

Sebelumnya Pemprov NTB juga tengah mengembangkan pelabuhan Gili Mas sebagai pelabuhan ekspor untuk mempermudah proses bongkar muat barang ekspor, seiring dengan banyaknya komoditas barang ekspor yang diklaim oleh daerah lain.

“Dengan adanya pelabuhan ekspor, semakin mudah dan bakal cepat untuk pengirimanan produk ke luar negeri tanpa harus bersinggah dulu ke daerah lain,”ujarnya. (cr-rat)

Komentar Anda