Megawati Beri Sinyal Cawapres Jokowi TGB?

Cawapres Jokowi TGB
KETERANGAN PERS: Gubernur NTB TGB M. Zainul Majdi ketika memberikan keterangan pers kepada awak media di Kantor ICMI, Jakarta, Rabu (11/7). (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)

JAKARTA – Siapa calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai layak mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi Pilpres 2019 semakin mengemuka. Beberapa petinggi partai yang tergabung dalam koalisi pengusung Jokowi dan relawan Jokowi, sudah angkat bicara.

Bahkan tak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi pun sudah memberi sinyal kalau dirinya sudah mengantongi nama siapa yang akan menjadi pendampingnya.

Satu sinyal yang paling hangat menjadi pembicaraan di masyarakat adalah yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Megawati ketika itu bertemu Jokowi di Istana Batu Tulis, Bogor, Minggu (8/7) lalu. “Pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secercah cahaya ketika matahari terbit dari timur,” begitu kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menirukan Megawati.

Terkait pernyataan tersebut, Pengamat Politik dan Kebijakan Publik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan (PKPK) Muhammad Saifullah mengatakan, apa yang disampaikan Megawati merupakan sinyal yang cukup kuat. Yakni sebagai rujukan dalam mencoba menebak siapa yang bakal mendampingi Jokowi nanti. “Secercah cahaya ketika matahari terbit dari timur merupakan pesan kuat dari Megawati, bila pendamping Jokowi berasal dari Indonesia Timur. Atau menyiratkan sosok itu berasal dari Timur,” ungkap dia pada JawaPos.com , Rabu (11/7).

“Bila dianalisa lebih jauh, pertimbangan politik yang dirujuk oleh Jokowi memang cukup komprehensif dan tidak hanya sebatas partai atau ketokohan semata,” lanjut dia.