Mataram Water Park Sudah Siap Pakai

mataram water park
CICIPI : Kadispora Kota Mataram Amran M Amin mengecek air kolam di MWP kemarin. (Sudir/Radar Lombok)
Advertisement

MATARAM – Menjelang mulai beroperasinya Mataram Water Park (MWP) setelah sekian tahun mangkrak, sejumlah fasilitas telah diperbaiki. Hampir 80 persen sarana dan prasarana MWP telah diperbaiki. Bahkan kolam juga sudah diisikan air.

Untuk memastikan kesiapan itu, kemarin Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram Amran M. Amin datang ke MWP. Ia juga sempat memeriksa kesiapan kolam renang. Air sumur bor tampak bersih dan jernih. “ Saya ingin pastikan, sebelum dibuka untuk umum, air kolam maupun fasilitas di MWP benar-benar sudah siap,” katanya kepada Radar Lombok.

Selama beberapa tahun kolam tidak pernah terisi air. Bahkan sumur bor juga bertahun-tahun tidak digunakan namun air yang keluar jernih. Untuk memastikan kualitas air,  akan dilakukan uji kelayakan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Untuk pengelolaan kata Amran, sesuai dengan  Peraturan Wali Kota (Perwal). Beberapa persiapan sudah dilakukan. Bahkan ia berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Kebudayaan dan Pendidikan.

BACA JUGA :  Gagal Dapat Investor, Pemkot Pilih Kelola Mataram Water Park

Untuk sarana telah diperbaiki Dinas PUPR, sedangkan fasilitas seperti lampu serta taman telah diperbaiki Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. “ Kita keroyokan, yang jelas dalam waktu dekat bisa digunakan,” ucapnya.

Sarana yang ada yakni ada tiga kolam. Satu kolam  khusus, kolam loncat indah  tidak dipergunakan sementara karena pertimbangan keselamatan. 

Dikatakan Amran, dari hasil koordinasi dengan beberapa OPD, dinas sepakat berbagi tugas.  Salah satunya, kadar air yang harus memenuhi standar kesehatan. Kolam tersebut akan diperuntukkan bagi atlet maupun siswa untuk persiapan Pekan Olahraga Daerah (Popda). Fasilitas ini bisa mendukung para atlet untuk sarana latihan. Serta ada jadwal nantinya bagi kalangan siswa.” Kami akan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan baik kota mapun provinsi,” singkatnya.

BACA JUGA :  Mataram Water Park (MWP) Gagal Uji Coba di Bulan Ini

Dukungan operasional MWP mendapat respon positif dari kalangan DPRD Kota Mataram. Salah satu anggota dewan, Abdurahman, mendukung terealisasinya MWP se0bagai wadah tempat latihan kalangan atlet Kota Mataram. “Kita dukung, bahkan sudah lama dinanti masyarakat. fasilitas ini harus diselamatkan, jangan terlalu lama dibiarkan mangkrak,” katanya.

Bahkan untuk anggaran, kedepan kita akan support  dan menyuarakan dari dewan. Karena ini, bersentuhan langsung dengan masyarakat maupun kalangan atlet untuk sarana  olahraga yang bisa mengasah kemampuan atlet.(dir)