Mataram Water Park (MWP) Gagal Uji Coba di Bulan Ini

Mataram Water Park (MWP) Gagal Uji Coba di Bulan Ini
MANGKRAK : Uji coba MWP bulan ini gagal karena kerusakan mesin pengisian air kolam. (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram gagal melakukan uji coba pengoperasian Mataram Water Park (WMP) setalah belasan tahun mangkrak. Sebagaimana yang sudah diputuskan oleh Pemkot Mataram, MWP dikelola sendiri oleh Pemkot dan tanggungjawab pengelolaannya ada di Dispora.

Sejak bulan November lalu Dispora sudah melakukan beberapa kegiatan di WMP agar pada bulan Desember ini bisa dilakukan uji coba untuk memanfatatkan WMP tetapi ternyata setelah dilakukan studi ke beberapa tempat kolam renang di Mataram dan dilakukan beberapa perbaikan di kolam renang, peralatan penunjang pertama berupa mesin air tidak bisa berfungsi karena rusak. Harus dilakukan pengadaan mesin baru lewat APBD 2018.

Kepala Dispora Kota Mataram Amran M. Amin menjelaskan secara persiapan pihaknya sudah siap mengelola MWP. Yang sudah dilakukan berupa persiapan tenaga SDM dan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan agar para siswa banyak datang untuk kegiatan latihan renang. Tetapi setelah mau dioperasikan, ada banyak alat yang tidak berfungsi.” Untuk uji coba kita peruntukk bagi para siswa yang berolahraga renang,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Gagal Dapat Investor, Pemkot Pilih Kelola Mataram Water Park

2018 mendatang MWP dipastikan bisa dimanfaatkan karena sudah disiapkan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk pembelian berbagai peralatan yang dibutuhkan. Selain akan dimanfaatkan menjadi tempat olahraga renang bagi siswa, MWP akan dimanfaatkan sebagai tempat latihan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018.” Tahun depan MWP akan dimanfaatkan menjadi tempat latihan Porprov,” tegasnya.

Sebagai langkah awal agar MWP bisa dimanfaatkan pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidika, agar kolam MWP menjadi lokasi latihan renang semua sekolah.

Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito menjamin tahun 2018 mendatang MWP sudah bisa dimanfaatkan. Bulan ini memang dirinya memberikan batas kepada Dispora untuk bisa menghidupkan kembali MWP. Tetapi karena ada kendala di peralatan yang  harus diganti maka uji coba bulan desember tidak  bisa dilaksanakan.” Tahun depan sudah pasti bisa, anggaran sudah disiapkan untuk  pengelolaan sendiri oleh Pemkot Mataram,” katanya.

Sekda menargetkan kalau anggaran  cepat  keluar pada tahun 2018, diharapkan pada awal tahun 2018 sudah beroperasi. Untuk mesin yang katanya rusak tentunya akan diganti dengan yang baru. Terhadap perbaikan sarana dan prasarana keberadaan MWP dibebankan kepada Dinas PUTR dan Dispora. Dinas PUTR menangani perbaikan fisik, sarana dan prasarana yang ada di WMP. Untuk pengelolaan sudah diberikan kepada Dispora.” Mudahan  tahun depan bisa beroperasi,” imbuhnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid