Mataram Kekurangan Guru PNS

Mataram Kekurangan Guru PNS
GURU HONOR; Saat guru honor mengisi Mata Pelajaran yang kekurangan guru PNS. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sejak tahun 2017 sampai pertengahan 2018 ini, SD dan SMP di Kota Mataram mengalami kekurangan guru berkepanjangan, terutama di jenjang  SD. Bahkan kondisi tahun 2018 ini semakin mempritahinkan. Pasalnya di enam kecamatan yang ada di Kota Mataram jumlah SD sebanyak 148, kekurangan gurunya sudah mencapai 460 orang lebih.

Begitu juga dengan jenjang SMP, kekurangannya sudah berlangsung lama. Kekurangan ini terjadi, lantaran banyak di antara mereka yang memasuki masa pensiun. Jumlah kekurangan tenaga pendidik di masing-masing sekolah pun bervariasi pada setiap bidang mata pelajaran seperti agama dan prakarya.

BACA JUGA: 155 Petugas Kesehatan Dilantik Menjadi PNS

Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram, Hj Sri Winarni mengatakan, kekurangan guru di jenjang SD saat ini terbilang sudah cukup parah. Dari 148 SD di Kota Mataram, rata rata semuanya mengalami kekurangan guru. Mulai dari Kecamatan Mataram dan Selaparang yang jumlah SD sebanyak 57 guru kurang. Kemudian Kecamatan Ampenan dan Sekarbela jumlah SD 40 juga kekurangan, begitu juga dengan Kecamatan Cakranegara dan Sandubaya dengan jumlah SD sebanyak 51 juga sejak lama merasakan kekurangan.

“Kita prihatin dengan peristiwa ini. Tapi disatu sisi kita tidak bisa berbuat banyak, karena Keputusannya tetap di pusat,” kata Sri, Kamis kemarin (2/8).

Adapun kaitannya dengan solusi, Sri menegaskan tetap mencarikan SD yang kekurangan guru itu solusi. Bahkan pihaknya tetap mengawal semuanya mulai dari daerah hingga pusat. Tapi tetap pihaknya tidak bisa mempercepat pengisian kekurangan guru itu, karena di Pusat juga sedang menggulirkan program Moratorium untuk Guru PNS.

“Kalau masalah solusi tetap kita lakukan, bahkan usulan formasi guru sudah selesai kita kirim, tapi ini menjadi kewenangan pusat,’ ucapnya.

BACA JUGA: Pembukaan Pendaftaran CPNS Belum Jelas

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) MTs/SMP Kota Mataram, H. Lalu Suwarno, membenarkan kekurangan guru di berbagai bidang termasuk di jenjang SMP di Kota Mataram.

“Semua jenjang pendidikan SMP yang saat ini berjumlah 24 sekolah di Kota Mataram rata-rata mengalami kekurangan guru,” tutupnya. (rie)