Mataram dan Lobar Diklaim Masih Harmonis

TPA Kebon Kongok
TPA : Kondisi TPA Kebon Kongok di Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung belum lama ini. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Hingga saat ini belum ada kepastian terkait perpanjangan kerjasama pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok antara Pemerintah Kota Mataram dan Pemkab Lombok Barat. Meski begitu hubungan Pemkot Mataram dengan Pemkab Lombok Barat diklaim mulus. Sampai saat ini meski kontrak telah berakhir, namun Mataram masih bisa membuang sampah di TPA yang terletak di Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung Lombok Barat ini.

Menanggapi soal kontrak kerjasama pengelolaan TPA Kebon Kongok, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Irwan Rahadi  mengatakan, sampai saat ini masih dalam tahap evaluasi di Bagian Hukum Setda Kota Mataram. “ Kita optimis tetap lakukan kerjasama, sampai saat ini belum ada peralihan TPA Kebon Kongok menjadi TPA regional,” katanya kepada Radar Lombok kemarin (3/4).

[postingan number=5 tag=”sampah”]

Sampai saat ini keputusan kerjasama masih ditunggu serta juga menunggu keputusan pemerintah provinsi terkait status TPA ini. Pemkot Mataram telah berupaya maksimal termasuk memberi bantuan dana kepada Lombok Barat  untuk perbaikan jalan menuju TPA. “ Kita telah sampaikan ke pemerintah provinsi juga. Kita masih tunggu hasilnya,” ungkapnya.

Pemkot Mataram setiap tahun menyalurkan dana hibah ke Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.  Seperti  tahun lalu ada Rp  2,5 miliar  untuk perbaikan jalan sepanjang jalan menuju TPA Kebon Kongok.

Sementara itu Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang menambahkan, sampai saat ini soal itu masih dalam pembahasan bersama di Bagian Hukum untuk disampaikan ke Lombok Barat. “Kami sudah inisiasi perpanjangan kontrak kerjasama pengelolaan TPA Kebon Kongok,” katanya.

Sampai saat ini hubungan kedua daerah dianggap baik dan  harmonis. Pemkot Mataram terus melakukan pendekatan ke pemerintah Lombok Barat, serta melakukan perbaikan jalan maupun menyalurkan dana hibah ke sebagian desa yang terkena dampak. “ Saya rasa Pak Wali Kota dan Bupati Lombok Barat tetap harmonis, serta sama-sama memiliki tekad bagaimana pelayanan ke masyarakat sama-sama baik,” ungkapnya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid