Sepi Pengunjung, Matahari LCC Gerimax Tutup 31 Desember 2017

Matahari Jamin Nasib 64 Karyawannya

Matahari LCC Gerimax Pastikan Tutup 31 Desember 2017
SEPI PENGUNJUNG: Meski menawarkan diskon besar-besaran sebelum dilakukan penutupan toko, namun pengunjung yang datang berbelanja di Gerai Matahari di LCC Gerimax, terlihat sepi, Jum’at kemarin (8/12). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Penutupan gerai Matahari Store di Lombok City Center (LCC) Gerimax, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, memastikan akan menutup operasional toko per tanggal 31 Desember 2017 mendatang. Saat ini, Matahari Store Gerai LCC sudah mulai “obral” barang-barang yang ada di gerai tersebut.

Asisten Manager Matahari Store LCC, Achmad Fajar Nugraha mengakui jika manajemen PT Matahari Store sudah memastikan penutupan gerai di LCC. Hal tersebut setelah mempertimbangkan kondisi usaha yang kurang menguntungkan. “Operasional di LCC hanya sampai 31 Desember 2017, dan langsung ditutup,” kata Achmad Fajar, Jum’at kemarin (8/12).

BACA JUGA :  Diuber Polisi Malaysia, TKI Gelap Asal NTB Tewas

Setelah dua tahun berjalan operasional di LCC Gerimax, perkembangan usaha justru semakin anjlok. Pendapatan tidak sesuai dengan harapan target awal. Bahkan pendapatan dari penjualan di Matahari Store, LCC Gerimax Mataram, rata-rata perharinya dibawah angka 60 persen, dan jauh dibawah 100 persen. Artinya, pendapatan dengan biaya operasional tidak sebanding yang didapatkan.

Biaya operasional yang harus dikeluarkan perbulannya, baik itu untuk gaji karyawan, dan lainnya lebih dari angka Rp700 juta/bulan. Sementara pendapatan dibawah biaya yang dikeluarkan setiap bulanya. Artinya, setiap bulannya Matahari harus menanggung defisit pemasukan/pendapatan.

Kendati demikian kata Fajar Nugraha, manajemen Matahari meski menutup gerainya di LCC, bukan berarti mengabaikan nasib para karyawan. Manajemen Matahari Store tetap akan memperhatikan nasib karyawannya yang sebanyak 64 orang yang sekarang ini masih tetap aktif bekerja.

“Untuk karyawan, kami berikan dua pilihan, pertama dipindah ke Gerai Matahari terdekat, baik di Lombok Epicentrum Mall atau di Gerai Matahari yang di Bali. Atau pilihan kedua adalah diberikan pesangon sesuai ketentuan,” jelas Fajar.

Fajar menyebut, sebanyak 64 orang karyawan Gerai Matahari LCC sudah lebih dari 50 persen memilih dipindahkan bekerja di Gerai Matahari terdekat. Bahkan ada juga yang memilih dipindahkan ke Gerai Matahari yang ada di Bali. “Yang jelas karyawan tetap dilindungi, dan diberikan pilihan terbaik,” ujarnya.

BACA JUGA :  Hilang Empat Hari, Rodi Ditemukan Tewas

Lebih lanjut Fajar Nugraha mengatakan, beberapa hari kedepan sebelum tanggal 31 Desember melakukan penutupan penuh aktivitas operasional Matahari Store di LCC, Gerimax, Matahari juga mengadakan sejumlah promo besar-besaran. Untuk brand dan produk tertentu, Matahari memberlakukan beli 1 gratis 2, yang artinya pembeli mendapatkan langsung 3 item barang dengan membayar 1 harga.

“Manajemen Matahari menerapkan diskon besar, dan program beli 1 gratis 2 dan banjir diskon, mulai dari diskon 20 persen hingga 75 persen untuk produk tertentu,” jelasnya.

Sementara Manager Lombok City Center, Hennry Jacob membenarkan jika Gerai Matahari Store di LCC tidak memperpanjang kontraknya, dan operasional berakhir tanggal 31 Desember mendatang. “Ya benar, Matahari Store pertanggal 31 Desember nanti sudah menutup gerainya di LCC Gerimax,” ucap Hennry.

Hanya saja, Hennry enggan lebih lanjut membeberkan kondisi terkini LCC Center. Alasannya, dalam waktu dekat ini, direksi perusahaan yang menaungi LCC akan mengadakan pertemuan pada pertengahan Desember, untuk menentukan sikap seperti apa kelanjutan operasional usaha LCC pada tahun 2018 mendatang.

Hennry juga tidak mau terlalu jauh memberikan informasi jumlah gerai yang saat ini masih operasional di LCC, apakah memperpanjang kontrak mereka, atau justru sebaliknya, mengikuti jejak Gerai Matahari. “Nanti setelah pertemuan dan keputusan direksi keluar tentang keberlanjutan usaha LCC 2018, akan saya sampaikan,” pungkasnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid