Masyarakat Diimbau Tidak Terprovokasi

AKBP Tribudi Pangastuti (M.Haeruddin/Radar Lombok)

MATARAM— Kepolisian Daerah (Polda) NTB  mengimbau masyarakat tidak terprovokasi isu penculikan anak.

Isu ini hanya disebarkan pihak yang bertanggung jawab untuk menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tribudi Pangastuti menyampaikan bahwa isu tersebut sama sekali tidak benar sehingga masyarakat jangan pernah terpancing emosi oleh provokasi orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. ”Info tersebut tidak benar, diimbau supaya masyarakat tidak mudah percaya terhadap isu-isu yang membuat resah masyarakat,”ujarnya kepada Radar Lombok Rabu kemarin (8/3).

Belakangan ini beredar isu yang tersebar melalui media sosial maupun pesan pendek yang mengimbau masyarakat berhati-hati atas pelaku penculikan anak. Dari informasi yang beredar ini, pelakunya menyamar sebagai penjual obat,pengemis hingga orang hamil tersebut. Penyebar informasi ini mencatut kepolisian. 

[postingan number=3 tag=’mataram”]

Menurut Tribudi, informasi yang beredar itu tidak benar dan  ulah dari provokator yang tidak ingin melihat situasi dan kondisi ditengah masyarakat menjadi aman.” Tidak pernah ada surat edaran yang dikeluarkan Polri terkait imbauan untuk orang tua agar mengawasi anak-anak. Karena belakangan telah terjadi penculikan dan pembunuhan anak.Saya pastikan itu isu hoax (bohong),”tambahnya.

Ia menjelaskan  sebelumnya NTB juga pernah mengalami isu yang sama, bahkan saat itu hingga menelan korban jiwa karena masyarakat terprovokasi dengan isu yang tidak benar. Masyarakat  selalu curiga dengan kedatangan orang lain di kampung-kampung seperti penjual obat.”Jangan sampai isu itu membuat masyarakat terperovokasi sehingga kejadian yang dulu terulang kembali,”ujarnya.

Tribudi mengimbau masyarakat agar bijak menggunakan media sosial dengan tidak membuat dan menyebarkan informasi yang tidak benar.

Dikatakan  peran media massa sangat penting untuk memberikan informasi dan pemahaman yang benar kepada masyarakat agar jangan sampai masyarakat  dengan mudah percaya kepada apa yang dilihatnya  media sosial lainya yang sangat bebas.”Peran media sangat penting untuk membantu kami memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,”ujarnya.(cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid