Masuk Pantai Suryawangi Kini Pakai Tiket

TIKET MASUK: Para pengunjung kawasan wisata Pantai Suryawangi mulai dipungut tiket masuk. (M.Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Kawasan  wisata Pantai Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji mulai ditata dengan baik oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Timur bekerjasama dengan Pokdarwis setempat. Kini, pengunjung tidak lagi bebas keluar-masuk, pihak pengelola mengenakan tarif tiket.

Ada dua pintu masuk ke  tempat wisata yaitu di bagian barat Pelabuhan Haji dan utara Desa Suryawangi yang dijaga oleh petuga pengelola. Pengunjung yang datang diharuskan membayar tiket masuk. Tiket masuk ini mulai diterapkan baru-baru ini.”Sekarang pengunjung harus bayar tiket masuk. Untuk roda roda dua bayar Rp 5.000, “ kata salah seorang petugas jaga kawasan wisata Pantai Suryawangi kemarin.

Salah seorang pengunjung, Yoni Ariadi, ketika ditanya terkait pemberlakuan tiket masuk mengatakan tidak mempersoalkannya. Yang penting sesuai ketentuan yang berlaku dan juga jelas pengelolaannya. Entah itu  dipakai untuk pengembangan wisata itu ataukah dijadikan sumber PAD. Terlebih lagi Pantai Suryawangi merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi.” Yang penting kan karcis yang ditarik itu sesuai fasilitas yang tersedia.  Kalau saya sih fasilitas yang ada sudah bagus,” kata Yoni.

Namun ada satu  hal yang dikeluhkan yaitu masalah sampah yang cukup merusak pemandangan pantai.  Masalah sampah tersebut harus diperhatikan oleh pihak pengelola. Paling tidak setiap setiap hari atau seminggu sekali sampah yang berserakan dibersihkan.

Sebelumnya penataan, petugas melakukan penertiban terhadap lapak para pedagang karena dianggap merusak pemandangan . Dinas Pariwisata di-backup Satpol PP turun melakukan pembongkaran lapak. Mereka dipindah ke tempat yang sudah disiapkan.(lie)