Mario Suryo Aji Akan Start dari Baris Kelima di Valencia

HONDA BALAP
Pebalap Astra Honda Racing Team Mario Suryo Aji

VALENCIA – Pebalap Astra Honda Racing Team mengunci posisi start ke-14 pada sesi QP1 yang berjalan sangat ketat. Lalu pada QP2, Anak Magetan ini mampu raih waktu terbaik ke 11 ditengah cuaca yang panas. Sementara tidak ada pebalap lain yang mampu mempertajam catatan waktunya.

Putaran kedua FIM Moto3™ Junior World Championship musim ini digelar di Circuit Ricardo Tormo, dengan Mario Suryo Aji mencatat kemajuan pada dua sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (8/5/2021). Pebalap Indonesia ini menutup sesi pagi (QP1) dengan berada di urutan ke-14. Meskipun dia mencatat tiga posisi lebih baik pada sesi siang (QP2), suhu yang tinggi membuat para pebalap Moto3 tidak bisa mempertajam waktu putaran.

Pada QP1, Mario Suryo Aji mencatat putaran terbaik 1 menit 39,794 detik pada percobaan kedua terakhir dari total 17 lap yang dia lakukan. Pebalap muda Indonesia ini berada di urutan ke-14. Pada sesi ini, dia bisa semakin menyesuaikan set-up motor Hondanya, tetapi tidak bisa melakukan hot lap karena terhalang padatnya pebalap yang melambat untuk mencari kesempatan mengikuti pebalap lain yang lebih cepat.

Baca Juga :  Tips Honda untuk Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Suhu yang tinggi pada QP2 membuat para pebalap tidak bisa mempertajam waktu yang sudah dicatat pada sesi pagi. Meskipun berada di urutan ke-11 tercepat dengan putaran terbaik 1 menit 40,496 detik pada sesi ini, Mario Suryo Aji tak bisa naik ke posisi lebih baik di grid. Pebalap Astra Honda Racing Team tersebut akan membalap dari baris kelima pada dua balapan yang akan digelar pada Minggu (9/5/2021) pukul 16.00 dan 19.00 WIB.

Baca Juga :  Ini Kiat Sukses Bengkel Alumni Vokasi Binaan Yayasan AHM di Masa Pandemi

Pada sesi kualifikasi pertama, Aji berada di urutan ke-14 dan tertahan padatnya pebalap yang mencari kesempatan untuk mengikuti pebalap lain yang lebih cepat, dan sulit untuk melakukan lap dengan bersih. Hal ini membuat Aji terburu-buru saat mencoba untuk mempertajam waktu, sehingga terlalu kencang saat memasuki tikungan dan yang membuat kehilangan beberapa kecepatan ketika keluar tikungan. Pada QP2, kondisinya tidak bagus buat Aji untuk bisa meraih catatan yang lebih baik, karena suhu lintasan yang sangat tinggi.

“Meskipun memulai balapan dari baris kelima, saya percaya diri dengan setting motor saat ini. Saya akan berusaha untuk menguasai keadaan dan meraih hasil bagus pada dua balapan nanti,”  kata Aji. (luk)