Mantan Panglima TNI Ditugaskan Presiden Matangkan Event MotoGP

KUNJUNGAN: Mantan Panglima TNI, Marsekal Purn Hadi Tjahjanto, diberikan mandat khusus oleh Presiden sebagai komandan lapangan persiapan event MotoGP, ketika kunjungan ke NTB. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM — Mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto berharap Pemerintah Provinsi NTB telah siap menggelar event paling bergengsi Kejuaraan Dunia MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB. Harapan itu disampaikan mantan Panglima TNI tersebut, dalam kunjungannya ke NTB, Selasa (21/12).

Disampaikan Hadi Tjahjanto, bahwa dia telah diberikan mandat khusus langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Komandan lapangan persiapan penyelenggaraan MotoGP pada bulan Maret 2022.

“Kunjungan saya disini adalah atas perintah Presiden langsung, guna mempersiapkan event MotoGP. Beliau (Presiden) berharap MotoGP ini harus menjadi event yang sukses besar,” ungkapnya dalam silahturahmi dengan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah beserta jajaran kepala perangkat daerah lingkup Provinsi NTB di Rauang Kerja Wagub, kemarin.

Berhasilnya Pemerintah Provinsi NTB dalam menyelenggarakan event Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK), juga mendapat apresiasi langsung oleh mantan orang nomor satu di TNI tersebut.

“IATC dan WSBK merupakan bukti bahwa NTB telah berhasil menyelenggarakan event Internasioanal sekalipun. Namun kita ingatkan kembali MotoGP jauh lebih besar dari event sebelumnya,” ujar mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu.

BACA JUGA :  Data Covid-19 NTB Masih Semrawut

Dalam diskusinya Hadi Tjahjanto juga mengingatkan terdapat beberapa aspek yang perlu disiapkan dengan matang, demi mewujudkan keberhasilan event MotoGP, mulai dari sektor infrastruktur, kesehatan dan juga tidak lupa UMKM.

“Saya tadi didampingi Sekda NTB telah melihat secara langsung dan berdiskusi. Bahwasanya kita perlu melengkapi kekurangan dari event WSBK terakhir. Contohnya dari sektor infrastuktur akses jalan dan lampu jalan menuju sirkuit harus dimaksimalkan lagi,” ujarnya.

“Demikian untuk faktor kesehatan tentunya kami akan memikirkan jalan terbaik untuk permasalahan penambahan dosis vaksin dan karantina bagi wisatawan internasioanal. Selanjutnya tidak lupa UMKM lokal pun akan kami gencarkan, khususnya yang berada di sekitar wilayah Mandalika,” jelas Hadi Tjahjanto.

Sementara Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengungkapkan rasa terimakasih dan exited kepada Mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto, karena perhatian pemerintah pusat terhadap event MotoGP ini yang begitu besar.

BACA JUGA :  24 Pembalap MotoGP Siap Mencoba Aspal di Sirkuit Mandalika

“Terimakasih sebelumnya Pak, bukan hanya silahturahmi saja yang kami dapat, namun kabar bahagia karena kami mendapat mentor yang handal dari Bapak Presiden langsung demi terwujudnya MotoGP ini,” ungkap Wagub.

Mengenai sektor kesehatan dan UMKM, Ummi Rohmi panggilan akrabnya, mengharapkan adanya penambahan jumlah dosis vaksin untuk masyarakat NTB, khususnya Lombok Tengah dan memprioritaskan UMKM lokal yang dimiliki oleh NTB dalam event MotoGP nanti.

“Saya berharap untuk jumlah dosis vaksin ditingkatkan lagi guna menyambut event sebesar MotoGP ini. Tidak lupa diprioritaskan juga UMKM lokal kami, karena UMKM kami telah memproduksi banyak produk-produk yang tidak kalah dengan UMKM daerah lain,” harap Wagub.

Terakhir Ummi Rohmi menambahkan sinergritas seluruh stakeholder baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sangat diperlukan, demi suksesnya event berkelas Internasional MotoGP.

Dalam kunjungan kerja Mantan Panglima TNI tersebut, turut hadir Sekda Provinsi NTB beserta beberapa Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTB, Perwakilan Polda NTB dan Rombongan dari Kemenko Marves RI. (RL)