Mantan Atlet Nasional Diberikan Pelatihan Wirausaha

MATARAM—Banyaknya mantan atlet nasional asal NTB yang tidak memiliki pekerjaan setelah mereka pensiun dari atlet, menggugah pihak PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT. Perusahaan Gas Nasional (PGN), yang bekerjasama dengan Dinas Dikpora NTB, selama tiga hari (28-30 September) menyelenggarakan kegiatan sosial pembinaan bagi para mantan atlet nasional tersebut.

“Para mantan atlet nasional berprestasi dan non PNS yang terlibat dalam pembinaan ini ada sebanyak 20 orang. Selama tiga hari, mereka akan diberikan pembekalan dan ketrampilan untuk pengembangan diri, sehingga kedepan dapat memperoleh pekerjaan yang layak,” kata Ketua Panitia, Zainul Abidin, dalam laporannya, Rabu (28/9).

Sementara Putri Imany, mewakili Direktur Keuangan PT ITDC, Jatmiko K Santosa, selaku penanggung jawab program kemitraan dan bina lingkungan PT ITDC, menyampaikan pembinaan yang dilaksanakan di Hotel Graha Ayu Mataram ini lebih mengedepankan kewirausahaan, sehingga nantinya dapat menambah pengetahuan para mantan atlet untuk berwirausaha. “Narasumber kegiatan ini adalah para fasilitator dari Dinas Dikpora NTB, Kabid Pora Dinas Dikpora NTB, Disperidag NTB, KONI NTB, Konsultan PLUT NTB, dan para pelaku usaha,” jelasnya.

Usai mengikuti kegiatan, para peserta diharapkan bisa memiliki semangat dan jiwa wirausaha yang tinggi, mampu menganalisis potensi dan peluang usaha, mampu berkomunikasi dengan jejaring wirausaha, mampu menyusun rencana usaha, dan mampu menjalankan usaha yang akan dikembangkan nantinya. “Harapannya, kedepan akan lebih banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dari para mantan atlet nasional berprestasi ini,” harap Putri.

Terpenting sambung Putri, kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan ITDC dan PGN selaku BUMN kepada masyarakat. Tak hanya masyarakat di sekitar KEK Pariwisata Mandalika saja, tetapi juga masyarakat di luar kawasan. “Dengan tercapainya tujuan program, maka masyarakat nantinya akan memiliki peran nyata dalam pengembangan KEK Pariwisata Mandalika, sekaligus bermanfaat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar kawasan,” urai Putri.

Sedangkan Sekdis Dikpora NTB, H. Aidi Furqon, dalam sambutan menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada PT. ITDC dan PT. PGN, yang telah memberikan perhatian kepada nasib para mantan atlet nasional berprestasi asal NTB yang hingga kini belum memiliki pekerjaan tetap.

“Kami, pemerintah daerah tidak bisa menjamin kalau para atlet berprestasi asal NTB nantinya bisa diakomodir menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Karena itu, berbagai pelatihan seperti yang dilakukan PT. ITDC dan PT. PGN ini tentu sangat membantu para mantan atlet yang kini telah pensiun dari atlet,” terang Furqon.

Sebagai mantan atlet yang pernah berjasa mengharumkan nama daerah dan negara, sudah sepantasnya kalau para mantan atlet berprestasi ini diberikan perhatian lebih. Khususnya mereka yang tidak terakomodir sebagai PNS, agar bisa mandiri dalam pekerjaan.

Kesempatan itu, Furqon juga menyarankan kepada para peserta untuk lebih fokus pengembangan diri pada empat jenis lapangan pekerjaan yang kini sedang gencar disuarakan oleh Pemda NTB, dalam hal ini Dinas Dikpora NTB. “Keempat bidang itu yakni vokasi dalam bidang pembangkit listrik tenaga mikro hidro, kemudian vokasi biogas, vokasi solar cell, dan vokasi pertanian,” pintanya. (gt)