Mandalika Homologasi Grade B WSBK, Aspal Dikritik Belum Lengket

SIRKUIT: Inilah sirkuit mandalika yang sudah lolos homologasi grade B untuk WSBK. (M.Haeruddin/ Radar Lombok)

PRAYA–Sirkuit Mandalika resmi mendapatkan homologasi grade dalam ajang WSBK 2022.

Hal ini diketahui setelah FIM atau Federasi Sepeda Motor Internasional dan Dorna selaku penyelenggara WSBK telah memutari Sirkuit Mandalika. Mereka melihat dari sisi safety terutama bagian-bagian yang dilakukan improvement mulai dari kerb, run off dan permukaan lintasan itu sendiri.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menegaskan Federasi Sepeda Motor Internasional dan Dorna telah memutari Sirkuit Mandalika. Mereka melihat dari sisi safety terutama bagian-bagian yang dilakukan improvement mulai dari kerb, run off dan terutama permukaan lintasan itu sendiri. Tim homologasi telah beberapa kali mengitari sirkuit dan melakukan simulasi timing dan mengecek permukaan lintasan.

Baca Juga :  Tiga Rider WSBK Dipastikan Bersaing Ketat di Mandalika

“Kemarin Kamis (10/11/2022) resmi telah dicoba dan beberapa rider juga telah melakukan track familirization sehingga kemudian sorenya FIM telah mengeluarkan homologasi grade B sehingga WSBK Mandalika 2022 bisa dimulai tanggal 11-13 November,” ungkap Priandhi Satria, Jumat kemarin (11/11/2022).

Menurut Priandhi, FIM cukup memberikan homologasi grade B karena memang requirement untuk ajang WSBK itu hanya cukup homologasi grade B. Artinya bukan turun. Mengingat homologasi Mandalika untuk MotoGP itu mendapatkan grade A.

“Hal ini karena memang menjelang balapan FIM akan selalu mengeluarkan homologasi sehari sebelum balapan dimulai. Jadi karena WSBK ini hanya cukup grade B jadi FIM mengeluarkan homologasi grade B,” jelasnya.

Baca Juga :  Toprak Menggila di Superpole Race 2 WSBK Mandalika, Posisi Bautista Tak Aman

Nantinya menjelang event MotoGP, FIM akan datang lagi memeriksa tentunya harapan MGPA adalah mendapatkan homologasi grade A untuk MotoGP.

Selanjutnya terkait masukan dari pembalap yang disampaikan kepada Dorna selaku penyelenggara event balapnya dan FIM selaku homologasi untuk ajang roda dua, itu minor saja karena permukaan lintasan itu masih baru.

“Hal ini adalah wajar belum lengket karena pembalap masih belum nyoba sirkuit dengan habis-habisan. Hanya baru satu dua motor yang super kencang yang masuk lintasan. Tentunya dengan berjalannya waktu yang saat ini sudah dimulai latihan bebas maka trek akan semakin membaik,” tegasnya. (met)

Komentar Anda