MAN IC Lotim Menjadi Sekolah Terbaik di NTB

H Aozar Zawad (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

SELONG – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbudristek RI kembali menjadikan MAN Insan Cendekia Lombok Timur sebagai sekolah/madrasah terbaik di NTB yang berada di peringkat I berdasarkan hasil Ujian Tes Bersama Komputer (UTBK) PTN tahun 2022. Sebelumnya, pada tahun 2021, MAN IC Lotim juga berada di peringkat I terbaik NTB hasil UTBK.

Menariknya lagi, peringkat MAN IC Lotim pada tahun 2022 naik peringkatnya dari 135 se Indonesia tahun 2021, naik menjadi posisi 95 dari 1000 SMA/MA se Indonesia. Khusus di Tingkat MAN IC se-Indonesia, MAN IC Lombok Timur juga berada di Top 10 madrasah terbaik nasional.

“Alhamdulillah, peringkat ini patut disyukuri, karena dari ratusan bahkan ribuan SMA/MA yang ada di NTB, hanya 3 SMA/MA yang masuk rilis LTMPT Nasional, yaitu MAN Insan Cendekia Lombok Timur di peringkat 95 dengan nilai 581,075, kemudian SMA Negeri 1 Mataram di peringkat 471 dengan nilai 533,910 dan SMA Negeri 1 Sumbawa Besar di peringkat 815 dengan nilai 518,847,” kata Kepala MAN IC Lotim H Aozar Zawad kepada Radar Lombok, kemarin.

Baca Juga :  SMA Muhammadiyah Mataram Hanya Dapat 9 Siswa Baru

Dikatakan, dengan keluarnya rilis ini, maka semakin memperkuat keyakinan bahwa madrasah mampu berdiri sejajar secara kualitas dengan sekolah umum. Prestasi ini tentu saja menjadi motivasi bagi MAN IC Lombok Timur secara khusus untuk lebih meyakinkan masyarakat bahwa madrasah adalah salah satu lembaga pendidikan yang dapat direkomendasikan sebagai tempat belajar yang maju dan berkualitas.

“Apapun yang menjadi kendala kita dalam memajukan lembaga, maka tetaplah fokus pada tugas pokok dan fungsi semua elemen civitas akademika,” jelasnya.

Menurutnya, prestasi ini adalah kado awal untuk MAN IC Lotim, karena tanggal 2 Oktober 2022 adalah bertepatan dengan Milad MAN IC Lotim, sehingga dengan penuh penghargaan, serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar dan civitas akademika MAN IC Lotim.

Baca Juga :  PGRI Lobar Kecam Caci Maki Oknum Kades Dopang kepada Guru

“Dengan rasa terima kasih, penuh penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya saya ucapkan untuk keuarga besar MAN IC Lotim atas dedikasinya yang luar biasa mendidik para siswa kami,” ungkapnya.

Ditambahkan, dalam membangun suasana pembelajaran, MAN IC Lotim mengedepankan pelayanan yang profesional. Sehari-harinya, suasana akademik begitu terasa di madrasah. Dengan madrasah sistem berasrama memberikan sisi positif yang sangat baik dalam mengelola lembaga pendidikan. Para siswa setiap harinya disuasanakan hidup di lingkungan sangat ilmiah. Lingkungan dibangun dengan mengedepankan karakter pembelajaran secara ideal. Para siswa diajarkan kurikulum keagamaan di asrama layaknya pondok pesantren.

“Dunia MAN IC Lotim diformulasikan sedemikian rupa, agar siswa kelak saat masuk perguruan tinggi, dapat lulus dan terpola dengan kehidupan ilmiah. Oleh sebab itu, maka saat para siswa mendaftar di perguruan tinggi, mereka serasa bisa masuk perguruan tinggi dengan mudah,” katanya. (adi)

Komentar Anda