Malaysia Tertarik Bangun SMK Pariwisata

BANGUN SEKOLAH: Prof. Dato’ Dr H. Abdul Murad Ahmad bersama rombongan, dan Kepala SMPN 1 Praya, Majri, foto bersama usai menyamakan visi dan misi untuk membangun SMK Pariwisata di Loteng, Kamsi (24/11) (CR-AP/RADAR LOMBOK)

PRAYA—Keindahan pariwisata di Lombok Tengah (Loteng), ternyata menarik minat East West Internatonal College Malaysia, salah satu lembaga pendidikan bergengsi asal Malaysia untuk mendirikan sekolah menengah kejuruan (SMK) di bidang pariwisata.

Pernyataan tersebut disampaikan CEO East West Internatonal College Malaysia, Prof. Dato’ Dr H. Abdul Murad Ahmad, ketika berkunjung ke Loteng, Kamis (24/11). Menurutnya, seperti disampaikan fasilitator, Muhammad Paris, SMK Pariwisata Internasional itu rencananya akan dibangun di jalur By Pass Lombok International Airport (LIA).

Konsep sekolah kejuruan di Loteng ini akan membuka jurusan pariwisata, baru selanjutnya beberapa jurusan lain seperti Multimedia dan lainnya. “Pariwisata dikedepankan, karena saat ini pemerintah pusat telah menetapkan salah satu kawasan di Lombok Tengah, Mandalika Resort akan dikembangkan menjadi destinasi wisata terpadu,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, Prof. Dato’ Dr H. Abdul Murad Ahmad, menyambangi sejumlah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Loteng, salah satunya SMPN 1 Praya, untuk mempromosikan rencana pembangunan SMK Pariwisata Internasional tersebut.

Dia mengaku tertarik berkunjung ke SMPN 1 Praya, lantaran sekolah ini dinilai berprestasi. Sehingga kesempatan itu sekaligus dimanfaatkan untuk menjalin kerjasama, dengan menjadikan SMPN 1 Praya sebagai percontohan.

“Nantinya setelah SMK Pariwisata Internasional ini beroperasi, sekolah tidak butuh banyak siswa. Biar sedikit asalkan memiliki prestasi, dan punya kemauan tinggi untuk dibina,” paparnya, sekaligus menyampaikan jika nanti SMK Pariwisata Internasional ini sudah maksimal, tidak menutup kemungkinan ada perguruan tinggi yang juga akan dibangun di Loteng.

Sementara Kepala SMPN 1 Praya, Majri, menyatakan bahwa kepercayaan yang diberikan pihak Malaysia untuk memajukan bidang pendidikan di Loteng ini, tentu pihaknya akan menjaga dan mengembangkan sebaik-baiknya. “Kami akan dukung. Secara internasl, berikutnya kami akan mencoba mempromosikan hal ini ke siswa,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyuarakan setiap ada kesempatan, seperti ketika ada kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). “Apalagi jurusan yang ditawarkan sangat tepat. Dimana sektor kepariwisataan Loteng saat ini menjadi salah satu program unggulan, sehingga tidak sulit mengembangkan lembaga pendidikan yang membuka jurusan pariwisata,” pungkas Majri. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid