Maju Pilgub Tak Cuma Modal Berani

Baiq Diyah Ratu Ganefi

MATARAM – Adanya dukungan bagi tokoh perempuan tampil dalam suksesi Pilkada NTB bermunculan dari berbagai pihak. Meskipun begitu, tidak serta merta membuat tokoh perempuan memutuskan maju dalam Pilkada NTB 2018.

Anggota DPD RI dapil Provinsi NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi dan Robiatul Adawiyah menjadi dua tokoh perempuan punya kana maju dalam pilkada NTB. Namun belakangan, kedua senator perempuan tersebut memilih kompak tidak maju dalam perebutan kursi NTB 1 dan NTB 2.

“Maju di Pilgub tidak hanya modal berani saja,” kata Baiq Diyah Ratu Ganefi, kemarin.

Menurutnya, banyak aspek dan hal harus dipertimbangkan sebelum memutuskan maju dalam pilkada NTB. Misalnya, tingkat elektibilitas atau daya keterpilihan, dukungan parpol sebagai pengusung, serta potensi maupun peluang kemenangan.

[postingan number=3 tag=”pilkada”]

“Partainya apa, diusung oleh siapa dan peluang menang bagaimana. Semua harus dikaji dan ditelaah. Tidak hanya modal berani saja,” ungkpanya.

Karena itu, sebelum dirinya memutuskan maju di Pilkada NTB, ia sudah memperoleh gambaran dan mengetahui sejauhmana kapasitas dan kemampuan diri memenangkan suksesi Pilkada. Kendati demikian, Baiq Diyah berharap ada tokoh perempuan yang lebih hebat untuk maju lebih dulu.

Dikatakan, menjadi pimpinan suatu daerah harus rutin bertemu dengan masyarakat. Ia menilai sejauh ini hampir sebagian besar kepala daerah, baik bupati/wali kota sangat jarang bertemu dengan masyarakat. Itu terlihat dari seberapa cepat mereka melalui SKPD merespons permasalahan yang akan disampaikan DPD RI ketika menggelar rapat di kementerian.

“Prinsipnya, Pemimpin itu harus responsif terhadap persoalan rakyat,” pungkasnya.(yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid