Maiq Meres akan Dilantik 26 Februari

Lalu Abdul Hamid (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah terpilih, H Lalu Pathul Bahri-H M Nursiah akan dilangsungkan tanggal 26 Februari mendatang. Pelantikan ini dipastikan akan berbarengan dengan pelantikan cakada terpilih lainnya di Provinsi NTB.

Karo Pemerintahan Setda Provinsi NTB, Lalu Abdul Hamid mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk pelantikan kepala daerah terpilih di NTB. “Kita sudah ajukan kepada Kemendagri pada Sabtu kemarin dan sudah oke secara online yang enam daerah untuk berkasnya. Hari ini (kemarin, red) teman kami berangkat ke Jakarta membawa fisik dokumennya,” ungkap Abdul Hamid saat ditemui di Pengadilan Negeri Praya, Senin (22/2).

Kemendagri dan Pemprov NTB optimis akan melakukan pelantikan pada minggu keempat bulan Februari ini, tepatnya pada 26 Februari mendatang. “Kalau soal persyaratan sudah terverifikasi lengkap dan secara administrasi tidak ada masalah, termasuk Lombok Tengah. Kecuali Sumbawa karena memang lanjut perosesnya di MK,” terangnya.

Secara otomatis pelantikan untuk hasil Pilkada Sumbawa menunggu penetapan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Sementara untuk pelantikan sesuai dengan undang-undang akan dilakukan di ibu kota provinsi. Mengenai sistem pelantikan masih dibicarakan. “Karena sudah ada surat edaran menteri soal dilaksanakan secara virtual, makanya bisa saja dilakukan secara online,” tegasnya.

Untuk pola pelantikan, Pemprov NTB akan merapatkan mekanismenya hari Rabu mendatang. Termasuk dengan adanya masukan dari berbagai element terkait keinginan para kandidat terkait dengan mekanisme pelantikan nantinya. “Jadi jajaran provinsi dan kabupaten akan diundang untuk sama-sama kita membahas berbagai hal,” terangnya.

Abdul Hami memahami apa yang diingingkan dari kabupaten/kota, terutama bupati atau wali kota terpilih dalam mekanisme pelantikan. Hal ini juga yang nantinya menjadi salah satu bahan yang kemudian menjadi tema untuk dilakukan pembahasan di Pemprov NTB bersama jajaran pemda ini .“Aspirasi untuk pelantikan kita pahami itu dan akan kita bahas serta putuskan hari Rabu besok terkait sistem dan lain sebagainya,” tegasnya. (met)