Mahasiswa UMM Melatih Kader PKK Buat Hand Sanitizer

PELATIHAN: Mahasiswa UMM memberikan pelatihan cara membuat hand sanitizer kepada kader PKK di Lombok Timur.

LOTIM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan  pelatihan cara membuat hand sanitizer kepada kader PKK di Keluruhan Kembang Sari, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Senin (14/09).

Pelatihan yang dilaksanakan di rumah Ibu Herni selaku kader Lingkungan Dusun Erot, dihadiri tujuh orang peserta. Dalam pelatihan ini, para mahasiswa mempraktikkan pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan  lidah buaya dan alcohol untuk mencegah covid-19. 

 “Pembuatan hand sanitizer  ini membutuhkan takaran yang sesuai, agar kadar konsentrasi alkoholnya efektif membunuh kuman,  jadi tidak asal buat. Setelah cairan siap, kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol yang sudah disiapkan,” kata Kurnia, koordinator kelompok UMM saat memberikan materi di depan para kader PKK.

Dijelaskan Kurnia, kegiatan tersebut diprakarsai mahasiswa  UMM yang sedang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM). Dengan pelatihan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat.  Masyarakat tidak perlu membeli hand sanitizer,  mereka cukup membuat sendiri dengan bahan bahan yang mudah ditemukan di sekitar mereka.

 “Pelatihan pembuatan hand sanitizer  ini kami harapkan menjadi salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut ia mengemukakan, penggunaan hand sanitizer adalah wujud imbauan pemerintah untuk menjaga kerbersihan, selain dengan rajin mencuci tangan setiap hari. (**)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaMenhub Pastikan Kesiapan Pelabuhan Gili Mas Jelang MotoGP
Berita berikutnyaBayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di Lapangan Rambang