Mahasiswa KKN Unram Gelar Sosisialisasi Pencegahan Stunting

KKN Mahasiswa Unram di Desa Obel-obel Lombok Timur.(Sudir/Radar Lombok)

SELONG  – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik periode 2022 di Desa Obel-obel, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, menggelar kegiatan berupa sosialisasi terkait stunting.

Kegiatan tersebut dilakukan di rumah warga di lima dusun dan juga diadakan di kantor desa untuk Dusun Obel-obel.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala desa, kepala dusun, staff desa, dan juga masyarakat tiap dusun baik warga yang sudah menikah atau pun yang masih remaja. Selama kegiatan, kalangan mahasiswa berbaur dengan masyarakat setempat. Animo masyarakat, untuk mengikuti sosialisasi sangat tinggi. tanpak kalangan orang tua dan anak-anak mengikuti kegiatan sosialisasi terkait pencegahan stunting di bale pertemuan warga setempat. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 1 Juli 2022.

Baca Juga :  PT Energi Selaparang Terancam Dimerger

Kepala Desa Obel-obel Harun menyampaikan, dengan diadakannya sosialisasi terkait stunting ini dapat meningkatkan pemahaman dan juga kesadaran warga sekitar terkait dengan stunting.

“Kelompok KKN mengundang tenaga Kesehatan dari Puskesmas Belanting sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Materi yang disampaikan pun sesuai dengankebutuhan warga yaitu pemenuhan gizi terhadap anak dan juga ibu untuk mencegah terjadinya stunting,” katanya, Selasa (19/7).

Melalui kegiatan sosialisasi dan juga disuksi bersama, mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat dilihat dari penerapan pola hidup bersih dan sehat, ilmu parenting terhadap melatih motorik si anak, pemenuhan gizi dan juga pemberian asi eksklusif kepada anak selama 2 tahun, dan masih banyak lagi.

Karena melihat lingkungan sekitar dusun tersebut masih dikelilingi oleh perkebunan, sehingga sanitasi lingkungannya sangat perlu diperhatikan. Sebagaimana yang telah dianjurkan oleh perangkat desa, bahwa tiap rumah minimal memiliki 1 MCK. Selain kegiatan sosialisasi terkait stunting, kelompok KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Obel-obel pun mengadakan pengolahan makanan bergizi seperti nugget ikan, susu kedelai dan juga pudding kelor.

Baca Juga :  Pemangkasan Honorer Tergantung Evaluasi APBD

Beberapa pelatihan diberikan ke masyarakat, untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat  untuk meningkatkan kesadaran bersama. Ketua Kelompok KKN Tematik, Unram Nazri Al Ayyubi menambahkan, kegiatan bersama ini digagas kelompok KKK, sebagai bentuk kepedulian bersama selama pelaksanaan KKN di Desa Obel-Obel.

“Dengan memberikan banyak pelatihan ke masyarakat, termasuk kegiatan kebersihan lingkungan yang digalakan,” katanya. (dir/*)