Mahasiswa Farmasi Unham Sukses Membuat 5 Produk Kecantikan

Farmasi Unham
Mahasiswa Farmasi Unham menghasilkan lima produk kecantikan.

SELONG – Tiga orang mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Hamzanwadi (Unham) sukses membuat 5 produk kecantikan dan 1 produk penelitian dosen berbahan dasar tanaman renggak dengan 2 merek produk yaitu nahda beauty dan nahda farsi.

“Untuk produk nahda beautiy memiliki 3 jenis produk kecantikan berupa facial wash, face serum, face toner. Sedangkan nahda farsi memiliki 3 jenis produk berupa daycream, night cream, dan body wash,” ungkap Ketua Taskforce Unham Dr Padlurrahman di Pancor, Jumat (10/12).

Kelima produk itu merupakan karya mahasiswa selama mengikuti magang tiga bulan di salah satu perusahaan di Jogjakarta yang berhasil memenangkan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kemendibudristek.

BACA JUGA :  Universitas Hamzanwadi Terima Penghargaan LLDikti

“Melihat produk yang dihasilkan dari kegiatan magang industri oleh mahasiswa program studi Farmasi merupakan bukti keseriusan mahasiswa dalam mengimplementasikan MBKM berbasis produk,” ungkapnya.

Ia mengakui, keberhasilan ini juga membuktikan kesungguhan seluruh task force dalam upaya mencapai indikator kinerja utama dalam program ini. “Sukses untuk Prodi Farmasi, teruslah berkarya untuk kebaikan bersama,” ucapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Kesehatan Dr Hj Hartini Haritani menambahkan, karya mahasiswa ini sangat bagus. Mereka bisa mengembangkannya sebagai usaha masa depan karena tujuan program ini adalah mencetak sarjana cerdas dan kompetitif sesuai bidangnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Melalu Webinar dan Workshop

“Jadi, magang industri ini dapat memberikan pengalaman belajar mahasiswa tidak hanya di kampus namun belajar di luar secara langsung melakukan praktek. Inilah bentuk konkret dari program merdeka belajar kampus merdeka,” urainya.

Menariknya lagi kata Hartini, produk ini berbahan dasar buah renggak dengan kandungan vitamin yang dapat menjaga kecantikan wajah. Renggak ini sejenis tanaman sebangsa jahe-jahean dengan bau harum.

Renggak banyak ditemukan di Lombok, namun sayangnya buah ini belum mampu diolah secara maksimal. Nama lain buah ini adalah wresah atau hanggasa, rasanya manis dan agak masam, rupanya seperti buah pare. (luk)