Madrasah Negeri 100 Persen Siap UNBK

Madrasah Negeri 100 Persen Siap UNBK
UNBK: Sejumlah santri MTsN 1 Mataram kala mengikuti UNBK tahun lalu. (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Sebanyak 5 madrasah negeri, baik MTs dan MA di Kota Mataram dinyatakan sudah siap 100 persen menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Sementara untuk madarasah swasta akan menyusul dan bertahap.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H Burhanul Islam mengatakan, persiapan UNBK madarasah negeri meliputi MTs dan MA sudah tidak ada keraguan lagi. Baik itu dari segi kesiapan fasilitas, termasuk ruangan komputer dan servernya.

BACA JUGA :  Hanya 121 Cakep Lolos Seleksi

Begitu juga dengan kesiapan mental serta materi yang akan dituntaskan siswa. “Kalau madarasah negeri semuanya sudah tidak ada kendala. Karena semuanya sudah siap 100 persen,” katanya, Jumat (10/11).

Adapun yang masih menjadi perhatian serta tanggung jawab saat ini adalah, madarasah swasta. Dimana sebagian besar madarasah swasta yang ada di Kota Mataram masih ada yang ujian dengan sistem manual.

Agar bisa melaksanakan UNBK, lanjutnya, madrasah swasta ini akan diatasi secara bertahap. Pihaknya sangat berharap agar proses UNBK sudah sepenuhnya bisa dilaksanakan oleh madrasah swasta dan negeri.

Terhadap madrasah MTs dan MA yang bernaung di bawah satu atap yayasan, jelasnya, ia berharap agar UNBK dilaksanakan dengan sistem penggabungan. Ini karena interval waktu ujian antara MTS dan MA berbeda. Praktis, fasilitas seperti komputer yang dimiliki masing-masing bisa digabungkan untuk melaksanakan UNBK.

BACA JUGA :  Mutasi Guru Lombok Timur Dinilai Kacau

“Ini bisa diambil sebagai langkah penghematan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Mataram, Hj Rusniah mengatakan, agar semua madrasah bisa melaksanakan UNBK memang harus bertahap. Ini karena tidak bisa dilakukan secepat kilat. (cr-rie)