MA NW Pancor Galakan Keterampilan

SELONG—Minimnya lapangan kerja serta ketatnya persaingan hidup membuat jajaran MA NW sadar pentingnya membekali siswa dengan keterampilan. Lewat keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan bisa menjadi bekal untuk mengarungi kehidupan pasca studi.

”Kalau ada keterampilan, ada bekal siswa kedepan jika sudah selesai sekolah di sini,” ungkap Kepala MA NW Pancor, Muliadi, Senin (14/11).

Sekolah yang bernaung di Ponpes Nahdlatul Wathan Pancor tersebut memberikan keterampilan kepada peserta didiknya mulai dari kerajinan meubeler, tata boga dan tata busana. Praktikum pembekalan siswa dengan keterampilan ini disebutnya sudah berjalan selama 3 bulan.

Ide diberikannya pelajar keterampilan, jelasnya, karena meliat ralitas yang sedang berkembang. Tidak sedikit lulusan perguruan tinggi yang tidak memiliki pekerjaan dan terpaksa menjadi pengangguran. Terhadap realitas ini, pihaknya tidak ingin jika siswanya turut pula menjadi pengangguran.

Lebih jauh diungkapkan, untuk menjalani program tersebut, MAN NW Pancor merangkul para alumni untuk dijadikan sebagai motivator dan pelatih. Agar hasil kerajinan siswa bisa maksimal, pihak sekolah juga  bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk memberikan bimbingan.

Dari perogram tersebut, ungkapnya, banyak pihak luar yang memesan hasil keterampilan siswa. Mulai dari pembuatan bangku belajar sekolah hingga pembuatan baju untuk sekolah-sekolah.

Sementara itu, salah seorang siswa MA NW Pancor, Ahmad Ramdani mengatakan, dengan adanya keterampilan yang diajarkan pihak madrasah diharapkan bisa dijadkan sebagai bekal ketika sudah selesai studi. ”Setelah tamat sekolah saya tidak melanjutkan kuliah karena tidak ada biaya, tapi saya bisa bekerja dengan bekal keterampilan saya,” ungkapnya. (cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid