Lumba–lumba Terdampar di Pantai Rambang

DILEPASKAN: Warga berupaya menyelamatkan lumba – lumba yang terdampar di pantai Rambang dengan melepaskan ke habitatnya. (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG–Seekor lumba-lumba berukuran cukup besar terdampar di pantai Rambang Desa Surabaya Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur Senin (29/9).

Lumba – lumba itu ditemukan oleh warga di dekat muara sungai di sekitar pantai ini. Kondisi tubuh lumba-lumba ini terluka. Warga bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Surabaya lalu menyelamatkan dengan memindahkannya ke pantai. ” Ikan lumba – lumba masih diamankankan oleh petugas, sambil menunggu langkah apa yang akan dilakukan,”kata Kepala Desa Surabaya Pajrin yang sedang berada di lokasi.

Lumba – lumba yang terdampar ini kata Pajrin, memiliki panjang sekitar 2 meter. Saat di temukan kondisi ikan lumba lumba ini dalam kondisi terluka. Kemungkinan besar kata Pajrin, lumba-lumba yang terdampar ini karena sudah tua atau ditinggal oleh kelompoknya. ” Setelah petugas datang,ikan lumba – lumba kemudian diberikan pertolongan dengan dilepaskan kembali ke habitatnya,” jelasnya.

Keberadaan lumba-lumba ini mendapat perhatian warga yang tengah berwisata di pantai ini. Banyak yang mengaku baru pertama kali melihat lumba – lumba secara langsung. Meski demikian warga merasa kasihan melihat lumba – lumba yang terdampar dan dalam keadaan lemas. “ Ini kali pertama kali saya melihat secara langsung, makanya saya abadikan, kata Dewi.(wan)