LSI Denny JA Prediksi 15 Nama Bursa Capres 2024

Nama TGB Tidak Masuk Daftar

Capres 2024
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengidentifikasi ada 15 nama potensial yang diprediksi bakal maju di gelanggang Pilpres 2024 mendatang. (MIFTAHUL HAYAT/JAWAPOS)

JAKARTA Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 beru saja digelar. Namun, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA sudah mengidentifikasi 15 nama potensial yang diprediksi bakal maju digelanggang pilpres 2024 mendatang.

Ada 2.000 koresponden yang dianggap mewakili seluruh populasi di Indonesia terlibat dalam survei ini. Penelitian terhadap para tokoh-tokoh tersebut digelar sejak Oktober 2018 hingga April 2019.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, 15 nama itu juga muncul dari penilaian peneliti LSI Denny JA berdasar kapabilitas, performa dan kans setiap tokoh. Dalam penelitian ini juga dibagi tiga kriteria untuk menentukan belasan nama tersebut. Mereka berasal dari jenjang pemerintah daerah, partai politik, dan jabatan pemerintahan. “Mereka adalah orang-orang yang mempunyai tingkat pengenalan atau popularitas di atas 25 persen versi responden,” jelas Rully di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Selasa (2/7).

Baca Juga :  Peluang Airlangga Hartarto Maju Pilpres Dinilai Besar

Dituturkan Rully, popularitas menjadi salah satu syarat utama bagi para tokoh yang dianggap layak bertarung di 2024. Karena pada pilpres periode lima tahun ke depan, pertarungan politik menjadi terbuka, mengingat Joko Widodo selaku presiden petahana dipastikan tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024. “Karena itu, masa pemerintahan periode kedua Jokowi saat ini menjadi momen para tokoh publik menjaring simpati dan popularitas politik agar bisa diperhitungkan di gelanggang Pilpres 2024,” paparnya.

Menurut Rully, ketepatan dari prediksi 15 nama capres 2024 kali ini terbilang kuat karena merujuk pada survei popularitas tokoh publik selama beberapa bulan terakhit. Meski demikian, dia menegaskan hal ini masih bisa berubah lantaran dinamika politik dalam lima tahun ke depan belum terprediksi. “Dinamikanya masih akan lebih dinamis,” ujar Rully.

Berikut adalah 15 nama capres potensial 2024. Namun LSI Deny JA mengategorikan salah satu sosok dengan latar belakang tak terduga. Untuk jenjang pemerintah daerah: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Untuk jenjang partai politik: Prabowo Subianto dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno diprediksi dari Partai Amanat Nasional (PAN), Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Kemudian jenjang jabatan pemerintahan: Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Intelejen Nasional Jenderal Pol. Budi Gunawan, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Sayangnya dalam survei ini, nama mantan Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi tidak masuk dalam daftar. (JPG)

Komentar Anda