LPMP NTB Sukses Gelar Ekspos PMP Menuju NTB Gemilang

LPMP NTB Sukses Gelar Ekspos PMP
Sekda NTB H Lalu Gita Ariyadi bersama Kepala LPMP NTB Dr Mohammad Mustari, Kepala LPMP NTT H Muhamad Irfan dan Kasi Pemetaan dan Suverpisi I Made Murta Astawa.(abdi zaelani/radar lombok)

MATARAM- Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB sukses mengadakan ekpos Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2019, mengangkat tema “ Melalui Sistem Penjaminan mutu Internal  (SPMI), membangun Budaya Mutu untuk NTB Gemilang“. Kegiatan ekspos PMP berlangsung di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram tanggal 20-22 Desember.

Kegiatan ekspos PMP yang digelar LPMP NTB ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Lalu Gita Ariyadi, Kepala Dinas Dikbud NTB H Rusman, Kepala Kantor Bahasa NTB Umi Kulsum, Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, Drs Suka,  Kepala LPMP NTB, Dr Mohammad Mustari,  Kepala LPMP NTT H Muhamad Irfan.

Kepala LPMP NTB Dr Mohammad Mustari mengatakan, kegiatan ekspos PMP ini adalah salah satu rangkain untuk melihat mutu sekolah model yang dibina langsung oleh LPMP NTB.

“Semoga tahun 2020 lebih bermanfaat dan bermakna dalam peningkatan mutu pendidikan menuju NTB Gemilang,” kata Mohammad Mustari.

Kegiatan ekspos PMP 2019 ini diikuti oleh 200 sekolah model yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan ditetapkan oleh LPMP NTB sudah  menerima dana bantuan pemerintah dalam kerangka implementasi SPMI di satuan pendidikan.

Selain itu, peserta ekspos PMP ini secara total dihadiri juga oleh kepala sekolah, guru atau Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS).  Ekspos PMP tahun ini diantaranya, lomba best practice SPMI, lomba stand pameran pendidikan terbaik, pentas seni dari siswa-siswi sekolah model, pameran pendidikan diikuti oleh 24 sekolah model, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK se – NTB.

Tim juri untuk lomba best practice SPMI dikawal oleh Widyaiswara LPMP NTB dan fasilitator daerah SPMI yang berjumlah 14 orang. Untuk lomba stand pameran pendidikan terbaik dinilai oleh pengunjung pameran pendidikan minimal akan dinilai oleh 400 orang.

Dikatakan Mustari, bahwa para pemenang lomba best practice SPMI dan lomba stand pameran pendidikan terbaik mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan untuk sekolah.

“Mudah-mudahan tahun depan lebih meriah untuk dan sekolah model mempunyai inovasi dalam PMP menuju NTB Gemilang,” harapnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Ekspos PMP I Made Murta Astawa mengatakan,  ekpos PMP dasar dan menengah tahun ini melalui SPMI bersama-sama membangun budaya mutu untuk menjadikan NTB Gemilang.

“Saya nilai tema ini sangat tepat, karena bersamaan dengan Hari Guru Nasional (HGN) 25 November dan HUT NTB ke-61 tanggal 17 Desember 2019, dimana visi Pemprov NTB adalah Membangun NTB Gemilang,” kata I Made Murta Astawa.

Made menjelaskan, tujuan ekspos PMP ini adalah untuk mendiseminasikan praktik-praktik terbaik sekolah model dalam rangka impementasi SPMI di satuan pendidikan. Praktik-praktik terbaik sekolah model akan diadopsi oleh sekolah lain, sehingga peningkatan mutu pendidikan cepat tercapai dalam pemenuhan SNP dan mewujudkan sekolah berbudaya mutu.

Mutu pendidikan dasar dan menengah adalah tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dengan SNP pada pendidikan dasar dan pendidkan menengah. Setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan sebagaimana diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005.

“Penjaminan mutu pendidikan ini bertujuan memenuhi atau melampaui SNP di setiap satuan pendidikan,” ujarnya. (adi/adv)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaEksekusi Pondok Perasi Ditunda Lagi
Berita berikutnyaDelapan Motor Bodong Diserahkan ke Polres