LPMP NTB Dorong Guru Melek Teknologi

Mohammad Mustari
Mohammad Mustari.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB Dr Mohammad Mustasi mendorong guru untuk menguasai teknologi informasi. Pasalnya pemerintah sudah mulai menerapkan sekolah digital untuk semua jenjang pedidikan dengan memanfaatkan media pembelajaran, seperti Rumah Belajar.

“Kita minta guru mempersiapkan diri supaya bisa memanfaatkan teknologi informasi,” Mohammad Mustari, Rabu (27/11).

Mustari menjelaskan dunia pendidikan dalam penyampaian informasi dengan menggunakan IT sangat penting dalam proses pembelajaran. Misalnya menggunakan komputer, laptop dan HP dalam proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan penilaian menjadi lebih efisien.

Semua sekolah, baik yang berada di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T) harus bisa memanfaatkan media belajar teknologi informasi, contohnya di Rumah Belajar. Dalam Rumah Belajar ini sudah disiapkan fitur-fitur yang memudahkan guru,  ada kelas maya, petualangan dan lain sebaginya dan bisa diakses oleh guru dan siswa.

Rumah Belajar ini salah satu media pembelajaran untuk mempermudah guru menjelaskan tentang pelajaran-pelajaran dan siswa juga supaya cepat memahami tentang pelajaran tersebut.

“Jadi teknologi ini bukan menggantikan fungsi guru menjadi pendidik, melainkan mempermudah guru dalam proses belajar mengajar,” ucapnya.

Selain itu, pembelajaran dan penilaian atau evaluasi dalam proses pembelajaran guru bisa menggunakan kelas maya, dengan menggunakan aplikasi HP android. Oleh sebab itu, di era milenial ini guru harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan zaman, supaya bisa beradaptasi dengan perkembangan.

“Sudah seharusnya guru dan siswa di era digital ini untuk melek teknologi  dalam mengembangkan diri,” katanya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid