LPMP NTB Berikan Pendampingan Sekolah

Dr Mohammad Mustari
Dr Mohammad Mustari.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB Dr Mohammad Mustari mengaku lembaganya akan memberikan pendampingan kepada sekolah dan guru dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu pendidikan.

“Kami akan melakukan pendampingan di sekolah. Jadi sekolah harus membuat raport mutunya, kemudian kekurangan dan kelebihannya dimana nanti, kami akan berkaloborasi dengan dinas terkait,” kata Mustari, Selasa kemarin (24/9).

Dikatakannya, dalam melaksanakan program pendampingan, tentunya LPMP NTB akan menjalin koordinasi dengan Dinas Pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. Pasalnya, koordinasi dengan pihak terkait tersebut sangat penting untuk mengetahui persoalan yang dihadapi masing-masing sekolah.

Menurut Mustari, problem pendidikan di NTB terkati tenaga pendidik tidak terdistribusi dengan baik menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Karena dalam peningkatan mutu pendidikan sangat berkaitan erat dengan kualitas tenaga pendidik. Oleh sebab itu, perlunya pemerataan penugasan guru (distribusi) di sekolah pinggiran.

Mustari berharap keterlibatan penuh Diknas/Dikbud kabupaten/kota dan pemprov NTB untuk mendistribusikan guru ke satuan pedidikan yang masih memubutuhkan, dengan adanya sistem zonasi tersebut tidak lain supaya guru terdistribusi dengan merata. Jangan sampai guru menumpuk di satu sekolah.

“Kita hanya memetakan, namun kewenangan distribusi guru itu ada di Dikbud kabupaten/kota di NTB,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya hanya memetakan sesuai dengan hasil raport mutu sekolah selanjutnya didiskusikan untuk diberikan masukan kepada Dinas terkait.

“LPMP lakukan hanya sekedar memetakan dan nanti kita juga berkoordinasi dengan Ditjen Pendidikan Guru dan Tenaga Kependidikan dari sisi kebijakan,” katanya. (adi)