Lotim Siap Selenggarakan Lari Internasional di Sembalun

LARI : Rakor persiapan lomba lari internasional yang dipimpin Bupati HM. Sukiman Azmy. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Lombok Timur akan menggelar lomba lari internasional bertajuk “Rinjani 100 tahun” di Sembalun. Kegiatan ini akan diikuti oleh para pelari kelas dunia yang berasal dari berbagai negara. Pelaksanaan kegiatan kurang lebih sekitar dua minggu lagi.

Berbagai persiapan mulai dilakukan oleh Pemkab Lombok Timur terutama OPD dan instansi terkait. Bahkan Selasa (17/5) digelar rapat koordinasi yang dipimpin oleh Bupati HM. Sukiman Azmy. Dalam rapat tersebut dibahas berbagai persiapan untuk kelancaran dan suksesnya event dunia ini. “Kegiatan ini strategis mendukung promosi pariwisata Lombok Timur karena melibatkan peserta, tidak hanya secara nasional tetapi hingga internasional. Karena itu lomba yang akan berlangsung 3-5 Juni tersebut harus didukung sesuai kemampuan daerah,” terang Sukiman.

BACA JUGA :  Ribuan Santri Ikuti Pawai Sambut Muktamar I NWDI

 

Dari segi fasilitas,  Sukiman meminta dinas terkait menyediakan toilet portable, tenda, dan fasilitas pendukung lainnya. Karena mengingat lomba ini akan diikuti oleh banyak peserta. ”Saya berharap semua elemen dapat dilibatkan. Mulai dari Pramuka, PMI, KONI, organisasi wanita, hingga masyarakat setempat,” lanjut Sukiman.

Sukiman juga meminta persiapan dan kesiapan masing-masing OPD sudah dapat dipastikan sepekan ke depan. Momen ini harus dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai potensi yang ada. Mulai dari promosi kuliner serta atraksi seni dan budaya juga supaya dapat ditampilkan pada  kegiatan tersebut.

BACA JUGA :  Kadis Sosial Lotim Dimutasi

Diketahui “Rinjani 100 Tahun” adalah penyelenggaraan ketujuh dengan jumlah peserta yang telah mendaftar per-17 Mei lebih dari seribu orang. Ajang ini sempat tertunda dua tahun karena pandemi covid-19. Ada lima kategori dalam ajang ini yaitu 162 km, 119 km, 75 km, dan 36 km serta 27 km. Tiga kategori pertama akan mengambil start di Belanting dan finish di Sembalun, sementara dua kategori lainnya start dan finish di Sembalun.(lie)