Lotim Raih STBM Award dari Kemenkes

H. Pathurrahman

SELONG – Kabupaten Lombok Timur menyabet penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan itu didapat atas keberhasilan Pemkab Lombok Timur melalui Dinas Kesehatan dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan.”Lombok Timur salah satu kabupaten/ kota di NTB yang berhasil meraih penghargaan STBM Award di tahun 2022 ini.

Baca Juga :  Pemuda Lotim Peringkat III Pemilihan Putra-Putri Pertanian 2021

Penghargaan itu telah kita terima beberapa minggu lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, H. Pathurrahman.

Penghargaan yang diraih ini tak lepas karena dinilai dari berbagai indikator.  Salah satunya dilihat dari tingkat kesadaran masyarakat Lombok Timur yang sebagian besar sekarang ini sudah tidak ada lagi yang BAB sembarang. Termasuk juga beberapa indikator lainnya.

Pathurrahman menambahkan,  berkaitan dengan program STBM ini telah mulai dilaksanakan di Lombok Timur sejak  tahun 2010. Sejak program ini mulai dijalankan, pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak terkait terus berupaya memberikan kesadaran dengan masyarakat untuk tidak BAB sembarangan. Apa yang telah dilakukan perlahan membuahkan hasil.” Di setiap rumah sekarang kita rata- rata punya tempat BAB,” singkatnya.(lie)

Komentar Anda