Lotim Kembali Ajukan Pinjaman Rp 200 Miliar

HM. SUKIMAN AZMY

SELONG – Pemkab Lombok Timur kembali akan mengajukan pinjaman ke Bank NTB Syariah sebesar Rp 200 juta di tahun 2022 mendatang. Sebelumnya Pemkab Lotim mengajukan pinjaman Rp 100 miliar namun batal karena tidak mendapat persetujuan pemerintah pusat.

Rencana minjam lagi ini disetujui DPRD. Uang pinjaman ini direncanakan akan dialokasikan untuk  berbagai pembangunan infrastruktur seperti  jalan, jaringan irigasi dan penanganan air minum.” Selama dua tahun terakhir ini sejumlah program prioritas pembangunan infrastruktur tertunda karena pandemi ini. Karenanya pinjaman Rp 200 miliar ini akan diprioritaskan ke arah sana. Pinjaman ini semata sebagai upaya untuk hajat hidup masyarakat Lotim. Skema pengembaliannya pun akan diangsur hingga masa akhir jabatan kami tahun 2024 mendatang,” ungkap Sukiman Sukiman.

BACA JUGA :  RSUD Selong Batal Pangkas Jumlah Honorer

Sementara itu ketua DPRD Lotim, Murnan, mengatakan berkaitan dengan pengajuan pinjaman ini ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi.  Diantaranya kemampuan daerah membayar utang,  masalah waktu pengembalian dan ketiga, penggunaan pinjaman.”Syarat ini penting seperti belanja kemana saja dan diperuntukkan apa saja. Sebab, untuk peminjaman itu tidak semudah yang dibayangkan. Setelah disetujui dewan, harus  mendapatkan rekomendasi Pemprov NTB. Untuk peminjaman ini akan di evaluasi kembali karena pinjaman ini masih bersifat gelondongan saja,” ungkapnya. (lie)

BACA JUGA :  Tiga Rumah di Pesanggrahan Terbakar