Lotim Dijatah 10 Ribu Blangko E-KTP

PEREKAMAN : Blanko E-KTP sampai saat ini belum tersedia. Meski demikian, warga tetap melakukan perekaman (Gazali/Radar Lombok)

SELONG–Kekosongan blangko E-KTP  di Dinas Kependudukan  dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang telah berlangsung  cukup lama  segera tertangani. Sebab pemerintah pusat  mulai menyalurkan blangko E-KTP ke Dinas Dukcapil di semua   kabupetan/kota  di seluruh Indonesia, tak terkecuali untuk  Lombok Timur (Lotim).

Jatah blangko E-KTP untuk Dukcapil Lotim tahap pertama dijadwalkan akan dikirim  pemerintah pusat  19 April mendatang. Untuk tahap  pertama,  Dukcapil Lotim  hanya mendapatkan jatah sebanyak 10 ribu blangko . Sementara data  pemohon E-KTP yang   siap dicetak  sudah  mencapai 50 ribu orang. ‘’ Masih belum datang. Memang, jadwal kita  untuk Lotim tanggal 19 April ,” ungkap Sekdis Dukcapil Lotim Azis, Jumat kemarin (7/4).

[postingan number=3 tag=”ktp”]

Untuk jatah blangko 10 ribu ini lanjutnya, ketika sudah diterima, akan langsung dicetak. Namun E-KTP itu  tidak akan langsung dibagikan  ke masyarakat. Melainkan pembagiannya  akan dilakukan  setelah menerima jatah blangko tahap kedua.

Sementara untuk  jatah blangko tahap dua, sejauh ini belum diketahui  jumlah yang akan  didapatkan Lotim. Karena  didistribusinya dilakukan melalui pemerintah provinsi.‘’ Kita tidak tahu, untuk tahap dua ini jatah kita berapa,” terang dia.

Distribusi   E-KTP yang telah dicetak melalui desa. Dinas Dukcapil akan menyerahkan E-KTP itu ke pemerintah desa setempat. Nanti  pemerintah desa yang akan membagikan langsung  ke masyarakatnya. ‘’ Nanti pihak desa yang akan memanggil masyarakatnya untuk mengambil E-KTP yang telah kita antarkan itu,” lanjut dia.

Saat ini jumlah E-KTP yang telah dicetak Dinas Dukcapil sudah mencapai  100 ribu . Sementara  untuk pemohon E-KTP yang  masih mengantri dan datanya belum muncul dari pusat mencapai 99 ribu. Untuk mencapai target, akan diupayakan   Juni  mendatang  ditargetkan jumlah E-KTP yang   dicetak bisa mencapai  90 persen.

‘’Tapi nanti kalau blangko tetap mengalami kekerungan kita akan ganti dengan surat keterangan sebagai KTP sementara,” tutup dia. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid