Lotim Dapat 509 Formasi CPNS dan P3K

Salmun Rahman (M.Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan kembali dilaksanakan tahun ini. Pemerintah pusat telah menentukan kuota formasi CPNS dan P3K untuk semua daerah di Indonesia termasuk Lombok Timur. Lotim sendiri dapat jatah sebanyak 509 formasi berdasarkan surat  keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) nomor 560 tahun 2021. Jatah formasi yang didapat tahun ini terbilang jauh sedikit dari kebutuhan yang diusulkan yang mencapai 5 ribuan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, Salmun Rahman, mengatakan, dari 509 jatah formasi yang didapat tahun ini, 407 merupakan formasi P3K, sisanya 102 untuk formasi CPNS yang didominasi oleh formasi tenaga guru sebanyak 264,  berikutnya tenaga kesehatan 221 dan 24 tenaga teknisi.”Formasi sudah kita terima dari Kemenpan RB,” aku Salmun Rahman kemarin.

BACA JUGA :  Kisruh Kader Gerindra Lotim Berakhir

Pendaftaran akan mulai dibuka tanggal 31 Mei hingga 21 Juni mendatang dan  ketentuan berlaku secara serentak di seluruh Indonesia. Mekanisme pendaftaran tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya yaitu melalui sistem online resmi SSCASN. Setelah itu dilanjutkan dengan seleksi administrasi pada tanggal 1-30 Juni 2021.

Karenanya lanjut Salmun, bagi masyarakat yang berniat melamar diminta untuk menyiapkan diri dengan baik sebaik mungkin. Baik itu menyangkut kelengkapan administrasi maupun persiapan menghadapi tahapan ujian.” Ketentuan  pelaksanaan seleksi ini supaya tetap diikuti perkembangannya  melalui online maupun ofline,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Polisi Pelabuhan Gagalkan Penyelundupan Motor Curian

Pelaksanaan seleksi dipastikan berlangsung transparan dan terbuka. Ketika ada oknum tertentu yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari keuntungan dengan menjanjikan kelulusan tapi meminta imbalan, masyarakat diminta tidak percaya. Terlebih penentuan kelulusan bisa dilihat langsung setelah selesai mengikuti ujian.

Hal sama juga dikatakan oleh Kabid Data dan Formasi BKPSDM Lotim, Agus Setiawan. Ia manambahkan, meski pembukaan pendaftaran akan dimulai pada Mei mendatang namun pihaknya tetap akan menunggu hasil Rakor untuk jadwal tentatifnya.” Soalnya juklak dan juknis resmi dari pusat masih belum turun,” singkatnya.(lie)