Lotim Alokasikan Perbaikan Jalan Rusak Rp 4,1 Miliar

JALAN RUSAK: Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang rusak dan membutuhkan penanganan segera. (DOK/RADAR LOMBOK)

SELONG — Sekitar 20 ruas jalan lebih di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), akan diperbaiki pada tahun 2023 ini. Namun perbaikan jalan tersebut bersifat rehabilitasi, dalam arti tidak dilakukan perbaikan total.

Hal tersebut dikatakan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur, Achmad Dewanto Hadi. Dimana berkaitan dengan jalan yang akan diperbaiki, semua telah dilakukan pemetaan. Dan itu dipastikan akan menjadi skala prioritas untuk ditangani tahun 2023 ini.

“Ya sekitar 20 sampai 25 ruas jalan yang akan kita tangani, dan menjadi skala prioritas. Termasuk beberapa lokasi jalan yang sempat ditanami pohon pisang oleh masyarakat,” ujar dia.

Baca Juga :  Oknum Pimpinan Ponpes Dilaporkan Cabuli Santri

Dari puluhan ruas jalan rusak yang akan diperbaiki itu terang dia, besaran anggaran  yang telah disiapkan yaitu sebesar Rp. 4,1 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). “Soalnya di tahun ini tidak ada DAK. Anggaran tersebut penggunaanya telah kami perhitungkan. Terutama kita utamakan untuk jalan yang kondisinya memang parah,” sebut Dewanto.

Tidak hanya jalan, namun beberapa pengerjaan fisik lainnya yang ditangani oleh sejumlah bidang di PUPR, baik itu bidang Cipta Karya dan Pengairan juga telah selesai dilakukan launching. “Maret semuanya telah berkontrak,” tegas Dewanto.

Baca Juga :  Warga Sembalun Hibahkan Lahan ke Pemkab Lotim

Sementara Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy juga meminta dinas terkait untuk segera melalukan penanganan terhadap sejumlah ruas jalan yang kondisinya rusak parah dan berlubang. Terlebih lagi biaya perbaikan telah disiapkan. “Berbagai kendala yang ada dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, harus segera diatasi,” tandas Sukiman. (lie)

Komentar Anda