Loteng akan Bangun Rumah Sakit di Wilayah Kopang

Lalu Firman Wijaya (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYAPemkab Lombok Tengah berencana akan membangun rumah sakit di wilayah Kecamatan Kopang. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat bagian utara. Nantinya direncanakan rumah sakit ini akan dibangun di kantor Camat Kopang saat ini.

Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya mengatakan, pembangunan rumah sakit masih sebatas rencana yang membutuhkan tindak lanjut. Lokasi sementara yang dianggap paling strategis adalah kantor Camat Kopang sekarang ini. Rencananya, kantor camat sendiri akan digeser ke sebelah timur. “Tapi ini masih kita kaji dan kita upayakan bisa segera terwujud. Kami selaku bawahan dari bupati akan menindaklanjuti dengan melakukan kajian. Tapi kita ikhtiarkan dana pembangunan rumah sakit ini dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” ungkap Lalu Firman Wijaya saat di D’max Hotel, Rabu (23/3).

Firman menambahkan, pembangunan rumah sakit di wilayah utara sangat dibutuhkan. Mengingat akses masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan cukup jauh ke RSUD Praya. “Untuk desain dan kapasitas dari rumah sakit yang kita akan bangun di Kecamatan Kopang masih belum. Karena ini baru tahap rencana yang memang membutuhkan tindak lanjut kedepan. Karena kita terus memberikan komitmen terbaik kepada masyarakat dalam memberikan berbagai pelayanan, tidak terkecuali pelayanan kesehatan,” terangnya.

Firman memandang urgen pembangunan rumah sakit ini. Terlebih lokasi rumah sakit Praya cukup jauh bagi masyarakat di Kecamatan Kopang, Batukliang dan Batukliang Utara (BKU). Jika ada masyarakat yang sakit, tidak harus nantinya dirujuk ke RSUD Praya, tapi bisa di rumah sakit Kopang. “Memang ada puskesmas untuk pelayanan pertama, tapi untuk rujukan pasien pasti ada. Karena di rumah sakit kan ada layanan dokter spesialis, layanan rawat inap dan berbagai hal lain. Jadi harus didistribusi layanan kesehatan itu lebih dekat. Tapi sebelum kita bangun, maka kita tentu akan kaji semua aspek,” terangnya.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri juga menyatakan, pihaknya dari sekarang sedang berupaya untuk membangun berbagai fasilitas di wilayah utara. Perlu ada perencanaan untuk membangun sebuah rumah sakit di sekitar wilayah utara. ”Jika di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ada Rumah Sakit Mandalika, di tengah ada RSUD Praya, maka di utara atau bisa di kantor camat Kopang, kita akan membangun rumah sakit. Maka semua akan berimbang,” terangnya. (met)