Lombok Utara Miliki Potensi BUMDes Mart Jajakan Produk Lokal

ROADSHOW SINERGITAS INDUSTRIALISASI BERSAMA KABUPATEN/KOTA DI NTB

Roadshow industrialisasi Lombok Utara
INDUSTRIALISASI : Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu, Kepala Disperin NTB Nuryanti saat roadshow Talkshow Indsutrialisasi di Lombok Utara.

TANJUNG – Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti mendukung komtimen Kabupaten Lombok Utara yang satu satunya daerah di NTB tidak memiliki retail modern, sehingga menjadi peluang membangun BUMDes Mart. Kehadiran BUMDes Mart bisa menjadi salah satu langkah awal kesuksesan industrialisasi. Hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Pergub terkait bela beli produk lokal.

“Sudah ada arahan bapak Presiden, NTB juga sudah punya Pergub, tinggal penegakan kita bersinergi dengan Satpol PP,” kata Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, selaku Ketua Panitia Roadshow Industrialisasi Gubernur NTB di Kabupaten Lombok Utara (25/8/2022).

Selain itu, kehadiran PT Mayora dalam agenda Roadshow ini menambah optimisme terkait potensi industrialisasi di Kabupaten Lombok Utara. Nuryanti menyebut bahwa KLU sudah memulai memproduksi olahan kelapa hingga coklat yang bisa disinergikan dengan PT Mayora yang mengeluarkan biskuit dan berbagai macam olahan coklat.

Baca Juga :  Disperin Ajak Wirausaha Baru Berdaya Saing Global

“Kita bisa bersinergi dengan PT Mayora, selain dari Kabupaten Lombok Utara, bisa juga tepung kelapa dan coklatnya,” kata Nuryanti.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah yang turut menjadi narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa industrialisasi tidak identik dengan hal yang besar. Perlunya cost of learning bagi IKM dan hadirnya peran pemerintah untuk mendukung hal tersebut.

“IKM bisa berdayakan masyarakat sekitar, awalnya harganya sedikit mahal, tetapi ada pembelajaran, tetapi lama lama harganya bisa murah. Kalau kualitas jelek peran pemerintah yang membeli sekaligus mendampingi,” ungkapnya.

Gubernur Zul menyampaikan, agar masyarakat memberikan kenyamanan terhadap para investor, industrialisasi juga upaya membujuk investor besar senang melakukan investasi di NTB, sehingga bisa merasakan investasi di surga.

“Kita ketuk hatinya PT Mayora. KLU punya potensi dengan adanya ladang coklat dan cengkeh, kita kasih lingkungan yang baik, kita untung perusahaan juga untung.” Tuturnya.

Baca Juga :  Disperin NTB Bersama KSB Jalin Sinergitas dan Ekosistem Industrialisasi

Bupati KLU H Djohan Sjamsu mengungkapkan untuk mendukung program industrialisasi di KLU, menekankan untuk menyediakan produk lokal di setiap OPD. Salah satu ikhtiar Pemkab KLU dengan memberikan kredit tidak berbunga, sebagai dukungan untuk semangat dan membangun ekonomi kepada IKM dampak Covid-19.

“Jadi IKM bisa pinjam uang di Bank, nanti bunganya Pemkab KLU yang membayar. Ini ikhtiar kami,” beber Djohan.

Djohan Sjamsu berharap melalui industrialisasi Gubernur NTB ini terangkat semangat membangun ekonomi, diri, dan daerah dengan potensi potensi yang dimaksimalkan.  Kegiatan Roadshow Industrialisasi Gubernur NTB ini dihadiri oleh Sales Manager NTB dan Flores PT Mayora, Kepala OPD, dan Stakeholder terkait. Kemudian dirangkaikan dengan penyerahan bantuan peralatan hingga sertifikat merek dari Dinas Perindustrian NTN dan Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB kepada 12 IKM yang berlokasi di Kabupaten Lombok Utara. (luk)

 

 

Komentar Anda