Lombok Timur Kantongi Dua Gelar MTQ XXVII

Lombok Timur Kantongi Dua Gelar MTQ XXVII
JUARA: Beberepa kafilah Lombok Timur berhasil mendapatkan juara MTQ XXVII tingkat provinsi NTB yang berlangsung di Kabupaten Bima. (Special for Radar Lombok)

SELONG – MTQ XXVII tingkat provinsi NTB yang berlangsung di Kabupaten Bima memasuki babak final sejak 31 Oktober lalu. Dari 22 mata Lomba yang diikuti, kafilah Lombok Timur masuk dalam sebelas cabang, dan seluruhnya meraih predikat juara. Di mana dua diantaranya meraih juara pertama.

Kabag Humas Pemkab Lombok Timur, Amad Subhan menyampaikan, pada penyelenggaraan kali ini Lombok Timur mengirim 87 utusan termasuk 46 peserta dan official. Dari 27 cabang yang ada, Lombok Timur mengikuti 22 cabang, yaitu  Tartil, Tilawah,  Qira’atussab’ah Mujawwad, Qira’atussab’ah Murattal, 1 juz dan tikawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz dan tilawah, 20 juz dan Tilawah, Tafsir bhs.Indonesia, Tafsir bhs.Inggris, Khat naskah, khat hiasan mushaf, khat dekorasi, khat kontemporer, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, dan Makalah ilmiah Al-Qur’an ( M2IQ).

BACA JUGA :  Pembatasan Kuota Sekolah Negeri Dianggap Wacana

Juara pertama diraih cabang Qira`atussab`ah Mujawwad dewasa putra, atas nama Nahdi SPdI, dan Cabang Qira`atussab`ah murratal dewasa putra, atas nama M. Hariri. Sementara itu tiga orang berhasil menjadi juara dua. Cabang Tilawah dewasa putri yang diraih Hj. Suci Indahyati, Qira`atussab`ah Murratal dewasa putri oleh Agustini, dan Khat dekorasi putri oleh Riana.

“Pada MTQ XXVII yang dibuka 27 Oktober ini Lombok TImur memperbaiki posisinya, yaitu di posisi ke-6 di mana pada penyelenggaraan sebelumnya Lombok Timur menempati posisi ke tujuh,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Lotim  juga meraih enam gelar juara 3. Juara tersebut untuk cabang Tilawah Remaja putri atas nama Nuri Ahli Taqwa, Qira`atussab`ah Mujawwad dewasa putri, atas nama Yuni Irfiana SPdI, tilawah cacat netra putra atas nama Irohidin, tahfiz 10 juz putra diraih M. Baihaki Hidayatullah. Berikutnya, tafsir bahasa Inggris putra oleh Muhammad Khairul Haafizhin, dan Fahmil Quran putra oleh Muhammad Quthbi Hairudin.

Sesuai dengan janji Bupati Lotim pada saat pelepasan, lanjutnya, juara pertama peserta yang berhasil meraih juara pertama untuk menunaikan ibadah haji pada musim haji 2018 mendatang. “Persiapan MTQ ini dilakukan melalui pemusatan pelatihan yang dilaksanakan selama 12 hari dengan pelatih dari LPTQ Provinsi dan kabupaten, dan Alhamdulillah kita berhasil memperbaiki predikat,” ujarnya. (cr-wan)