Lombok Timur Butuh Tambahan Ribuan Guru

Lalu Suandi
Lalu Suandi (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur Lalu Suandi mengatakan, kesejahteraan guru honorer jauh dari kata layak. Jumlah guru PNS yang ada di Lombok Timur hanya sekitar 3 ribu saja. Sementara yang dibutuhkan sebanyak 6 ribu lebih.

“Kalau kita berbicara kesejahteraan, tentunya kita lihat dari jumlah guru negeri yang sedikit, sementara berbicara ketercukupan guru, Lombok Timur kelebihan guru jika ditambah dengan guru honorer,” katanya beberapa hari lalu.

Ia mengatakan, jumlah rombongan belajar yang ada di Lombok Timur untuk tingkat SD sebanyak 4.800 Rombel. Kalau setiap kelas berdiri satu guru negeri, maka yang dibutuhkan guru sebanyak 4.800 guru,  ditambah lagi guru agama, guru olahraga dan kepala sekolah, yang jika dikalikan jumlah sekolah Lombok Timur maka akan membutuhkan guru sebanyak sekitar 6 ribu guru.

Ia mengatakan, bagi guru negeri gaji yang diterima perbulan bisa mencapai hingga Rp 7 juta perbulan. Sebaliknya, guru honorer mendapat gaji ratusan ribu saja.” Karena melihat itu, akhirnya Bupati Lombok Timur mengangkat honor daerah 1.200 orang.”Setelah mengangkat, jumlah honorer kita pun masih kurang, sehingga kekurangan guru ini ditutupi dengan pengangkatan honor sekolah yang dibiayai oleh dana BOS,” katanya.

“Jadi ada tiga kiteria guru ini, ada guru negeri, ada guru honor daerah, dan ada pula guru honor sekolah,” imbuhnya.