“Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” Menjadi Brand Baru Pariwisata NTB

Ketua BPPD NTB Ari Garmono. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc yang diwakili Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi meresmikan brand baru pariwisata NTB “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” yang dinisiasi BPPD NTB di Hotel Jayakarta Senggigi, Jumat (9/7/2021). “Sebagai koordinator promosi pariwisata daerah, BPPD NTB menginisiasi dilakukannya re-branding pariwisata NTB. Sebagai salah satu tugas pokok BPPD NTB, rebranding ini dirasa perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan citra (image) pariwisata NTB,” ungkap Ari Garmono selaku Ketua BPPD NTB.

Brand baru pariwisata NTB dengan menyatukan dua destinasi (Lombok-Sumbawa) merupakan upaya untuk meningkatkan citra tidak hanya pariwisata Lombok juga pariwisata Sumbawa sebagai salah satu tujuan roadmap promosi BPPD NTB periode 2021-2024.

Dalam upaya re-branding ini telah dilakukan kajian oleh BPPD NTB secara teoritis dan konsultasi kepada tim ahli baik di dalam dan luar negeri serta stakeholder pariwisata termasuk Dinas Pariwisata NTB. Kajian brand ini dilihat dari keunggulan atau value propositions pariwisata NTB serta keunikan baik dari segi alam, budaya dan buatan. “Brand Infinite Experiences yang dikaji oleh tim akademisi kami memiliki makna bahwa Lombok-Sumbawa memiliki keunggulan yang secara alam, budaya dan buatan yang tidak terbatas serta dapat bersaing tidak hanya ditingkat nasional bahkan di level internasional,” jelas Ari Garmono.

BACA JUGA :  IAIN Mataram Buka Prodi Pariwisata Syariah

“Salah satunya, Mandalika sebagai DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) Indonesia memiliki sirkuit dengan konsep “street circuit” pertama yang berada di sepanjang pantai dalam sejarah MotoGP dan ini merupakan keunggulan luar biasa dengan menggabungkan antara keunggulan atraksi buatan dan alam NTB,” tambahnya.

Selain itu, NTB memiliki 280 pulau, 99 Desa Wisata sebagai destinasi penyangga untuk upaya “leveraging economy” masyarakat lokal, dua gunung (Rinjani dan Tambora) yang sudah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark Dunia. Kemudian keanekaragaman fauna dan flora yang eksotis, dan keunikan budaya dari tiga suku asli dalam satu provinsi (Sasak, Samawa dan Mbojo) yang memberikan pengalaman yang tak terbatas atau infinite experiences.

Sehingga ke depannya, brand baru “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” dapat menarik minat wisatawan untuk mengeksplor lebih banyak lagi objek wisata dan daya tarik wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa yang memberikan pengalaman yang tidak ada batasnya mulai dari pariwisata pedesaan hingga pertunjukan sport-tourism internasional.

BACA JUGA :  Dispar Kenalkan Pengurus Baru BPPD NTB kepada Pelaku Wisata

Melalui brand ini Pariwisata Lombok-Sumbawa optimis ke depannya dapat menjadi “face of Indonesia” di mata dunia.

Peresmian tagline dan logo sebagai brand pariwisata NTB dilakukan pada 9 Juli 2021 bertepatan dengan malam puncak acara pengumuman Juara National Photography and Videography Contest 2021 dengan tema “Lombok Sumbawa Emerging Destination” sebagai event promosi perdana BPPD NTB yang didanai oleh Bank NTB Syariah.

“Malam puncak ini dinamakan sebagai malam Puncak Karya Lombok-Sumbawa-Karya Kolektif untuk Promosi Lombok-Sumbawa, di mana foto dan video merupakan media promosi visual dan digital yang sangat ampuh untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Lombok-Sumbawa sekaligus puncak penampilan video launching brand baru pariwisata NTB,” ungkap Didie Mahendra Kusuma, selaku ketua panitia sekaligus Direktur Eksekutif BPPD NTB.

“Lomba photography diikuti oleh 203 peserta nasional dari sekitar 25 kota se-Indonesia dengan total 824 foto untuk tiga kategori (culture/ heritage, landscape dan UMKM) dan lomba videography dengan total 54 video dari peserta nasional,” tambahnya. (RL)